Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Terbaik dalam Verval Kesiapan TIK

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Fureng Elisa.jpg

KBRN, Malinau: Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau mendapatkan penghargaan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara atas keberhasilan dan kinerja menuntaskan 100% Verifikasi dan Validasi (Verval) Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) satuan pendidikan tahun 2021 pada akhir Juli lalu. Ini digunakan untuk memastikan kepemilikan perangkat TIK di satuan pendidikan sebagai data dasar dalam pelaksanaan Assesmen Kompetisi Minimal (AKM), dimana informasi kepemilikan perangkat TIK digunakan untuk memetakan kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan AKM.

“Untuk Kalimantan Utara kita ketika dalam pelaksanaan verifikasi  dan validasi TIK itu kita di peringkat satu, jadi di situ kita mendapat penghargaan karena dapat mendata dengan baik semua sekolah di Kabupaten Malinau, dan kita dapat mengirim tepat waktu ke pusat data tersebut” Ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Fureng Elisa pada RRI, Senin (20/09/21).

Lebih jauh ia mengatakan, dalam verval TIK, perangkat dan lokasi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dari seluruh satuan pendidikan didata.

Untuk diketahui, Asesmen Nasional (AN) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah untuk mengukur hasil belajar kognitif dan nonkognitif, termasuk kualitas lingkungan belajar.

Meski secara teknis Asesmen Nasional hadir untuk menggantikan Ujian Nasional, namun dilansir dari Mendikbud, keduanya berbeda, baik dari sisi fungsi maupun substansi, sebab AN dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan, serta memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00