Kaltara Optimis PON XX Berjalan Aman

KBRN, Tarakan : Meski belakangan ini kondisi keamanan di Papua memanas, namun KONI Provinsi Kaltara optimis pelaksanaan PON XX dapat berjalan kondusif. Informasi itu disampaikan Sekertaris Umum KONI Provinsi Kaltara Arfiadi kepada RRI, Senin (17/05).

Ia menjelaskan tewasnya Kepala BIN Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan isu adanya gerakan Papua Merdeka tak menyurutkan langkah Kontingen Kaltara mensukseskan pelaksanaan multievent olahraga empat tahunan tersebut.

Bahkan dalam rapat koordinasi teknis PON XX Papua yang selalu diikuti pihaknya sudah membicarakan soal antisipasi pengamanan seluruh kontingen dan jaminan keamanan oleh Kapolda maupun Korem setempat.

"Kita yakin PON XX Papua berjalan aman. Walaupun belakangan ini banyak berita membicarakan keamanan Papua yang memanas. Kita tetap siap mensukseskan keikutsertaan pada PON XX Papua, kita yakin tuan rumah pelaksana maupun petugas keamanan setempat sudah melakukan antisipasi," jelasnya.

Meskipun demikian, Arfiadi menuturkan ada dua Cabor yang venue pertandingannya di daerah rawan konflik Puncak Jaya yakni Panjat Tebing dan Triatlon. "Ada dua Cabor yang patut menjadi perhatian bersama. Keamanan atlet juga menjadi pantauan panitia lokal Kaltara. Terutama cabor Panjat Tebing dan Triatlon di daerah Puncak Jaya," bebernya.

Khusus dua cabor yang dipertandingan di daerah rawan itu, Kaltara akan mengusulkan kepada PB PON XX untuk mendapat perhatian serius dari pihak keamanan setempat. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00