Puskesmas Desa Sesua Kekurangan Oksigen

Tabung gas oksigen untuk fasilitas kesehatan (ilustrasi)

KBRN, Malinau : Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (puskesmas) yang ada di wilayah Desa Sesua Kecamatan Malinau Barat kekurangan oksigen untuk pelayanan pada pasien yang membutuhkan. Kondisi ini disampaikan Pelaksana Harian (PLH) Kepala Puskesmas Sesua melalui dr. Johanes silalahi saat ditemui RRI diruang kerjanya, Jumat (12/08). 

" kondisi kekurangan oksigen ini memang sudah berlangsung cukup lama, namun saya belum tau seperti apa proses untuk menangani hal ini, dalam waktu dekat PLH UPTD kepala puskesmas akan mengkoordinasikan kepada dinas kesehatan."

Oksigen untuk pasien ini memang tidak selalu digunakan namun dalam kondisi tertentu diakui puskesmas juga sangat membutuhkan ketersediaan oksigen apalagi untuk kondisi darurat. Ditambahkan, untuk tabung oksigen di puskesmas sesuai ini jumlahnya sudah mencukupi yaitu ada 4 tabung oksigen, 2 tabung oksigen besar dan 2 tabung oksigen berukuran kecil, namun sampai saat ini belum terisi oksigen atau dalam kondisi kosong. Untuk menangani pasien yang membutuhkan oksigen, puskesmas sesua saat ini hanya bisa langsung melakukan rujukan ke RSUD Malinau meskipun terkadang ini sangat beresiko bagi kondisi pasien.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar