Pemeriksaan IVA Test Masih Sepi Peminat, Capaian Sasaran Masih Jauh Dari Target

Pelaksanaan IVA tes di Kecamatan malinau kota

KBRN, Malinau : Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim) adalah satu dari sekian banyak jenis Kanker yang kerapkali menyerang wanita. Dengan demikian Puskesmas Malinau Kota melakukan deteksi sejak dini terhadap para Wanita yang sudah masuk kedalam kategori pasangan usia subur dengan  cara Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test atau Pemeriksaan IVA. Puskesmas Malinau Kota membuka layanan IVA Test pada setiap hari sabtu di puskesmas, namun sejak pandemic berlangsung peminat IVA test semakin menurun. Disampaikan Rasni, SKM kepala Puskesmas Malinau Kota kepada RRI diruang kerjanya, kamis (11/08) untuk pelaksanaan IVA tes saat ini masih sangat jauh dari harapan.

“ minat masyarakat akan IVA tes saat ini masih sangat rendah, ya kira-kira capaiannya baru sekitar 30 orang saja, padahal pada tahun 2019 sebelum adanya pandemic covid-19 bisa mencapai ribuan.”

IVA test adalah salah-satu pemeriksaan dini Kanker Serviks yang bisa diketahui hasilnya dengan cepat, maka melalui IVA test diupayakan bisa sedini mungkin bisa menditeksi resiko terbesar setiap Wanita di kabupaten malinau. Ditambahkan pihak puskesmas melalui bagian promosi juga terus melakukan sosialisasi baik secara langsung ataupun melalui media cetak dan elektronik, dan kedepannya puskesmas malinau kota akan melakukan program jemput bola untuk mendapatkan capaian IVA test dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok masyarakat bahkan menjemput sasaran hingga rumah ke rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar