Dipusatkan di Malsel, Kecamatan Lainnya Wajib Laksanakan Apel 17 Agustus di Wilayahnya

Wempi W Mawa SE. MH, Bupati Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 agustus tingkat kabupaten Malinau tahun ini tidak lagi digelar di kantor Bupati, seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Meskipun sudah menjadi agenda rutin secara nasional untuk melaksanakan upacara, tetapi tahun ini Pemkab Malinau akan melaksanakannya di Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan (Malsel). Rencananya, akan dihadiri Bupati Malinau sekaligus menjadi pembina upacara tersebut dan pejabat daerah lainnya turut hadir.

Hal itu ditegaskan Bupati Malinau Wempi  W Mawa S.E. M.H. kepada RRI terkait kegiatan upacara peringatan detik detik Proklamasi 17 Agustus tahun 2022 nanti. Karena itu, semua rangkaian kegiatannya akan dimulai dari pawai taptu atau pawai obor malam sebelumnya sampai pada kenaikan bendera pagi hari 17 Agustus hingga penurunan bendera sore hari digelar di Desa Long Loreh.

“Semua rangkaian kegiatan 17 agustus kira pusatkan di Long Loreh, mulai dari pawai taptunya,  pengibaran bendera peringatan detik-detik proklamasi hingga menurunan bendera kita pusatkan di sana,” tegas Wempi Mawa.

Karena Tidak semua kecamatan bisa ikut gabung dalam upacara di Long Loreh, Bupati Malinau meminta kepada semua kecamatan yang dipimpin camatnya bersama pimpinan tingkat kecamatan untuk melaksanakan upacara di wilayah kecamatannya masing-masing.

 Seperti kecamatan-kecamatan yang berada di wilayah ibukota Kabupaten Malinau dan kecamatan daerah  daerah perbatasan dan pedalaman, wajib melaksanakab upacara 17 agustus di wilayahnya.  “Kecuali Kecamatan Malinau Selatan Hilir dan kecamatan Malinau Selatan Hulu, bergabung dalam upacara 17 agustus di Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan,” ungkapnya.

Harapan dari pelaksanaan peringatan 17 agustus ini, kata wempi, tidak lain adalah  membangun dan menumbuhkembangkan jiwa nasionalis kebangsaan yang ada di wilayah pedalaman perbatasan. “Selain itu juga dalam upaya silaturahmi bersama dengan masyarakat yang ada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir maupun Malinau Selatan Hulu,” tukasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar