Dewi Pulsa Optimalkan Potensi Desa Jelang Visitasi ADWI

KBRN, Malinau : Masuk 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, desa wisata Pulau Sapi (Dewi Pulsa) tentunya harus mengoptimalkan segala potensi yang ada di desa untuk memenuhi kategori penilaian juri. Kategori penilaian ADWI dilihat dari 7 aspek, yakni daya tarik pengunjung, homestay, sarana digital dan kreatif, souvenir, toilet umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), dan kelembagaan desa. Menurut Sekretaris Pokdarwis Desa Wisata Pulau Sapi Rudianto yang dikonfirmasi RRI pada Senin (08/08), aspek-aspek ini lah yang dioptimalkan oleh pihak desa sebelum agenda visitasi.

“Kan ada 7 kategori yang dinilai itu, kita sudah siap semua, jadi hari kunjungan mereka kan dewan juri datang duluan sebelum pak menteri, trus dengan 7 kategori itu, kita ajak mereka kemana dulu, kita sambut mereka di kantor desa karena ini terkait aspek kelembagaan desa, kemudian di homestay ada kita siapkan rumah penduduk memang di sapu jagad itu kan, kemudian ada CHSE, toilet, tempat cuci tangan, souvenir dan lain-lain kita maksimalkan UMKM yang ada di desa kita, semua sudah kita optimalkan” Ucapnya.

Tahapan visitasi dan penilaian lapangan (field assessment) menjadi momen yang ditunggu-tunggu, karena tidak hanya berbicara mengenai penilaian oleh dewan juri, tapi juga kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, dimana sang menteri telah dijadwalkan untuk mengunjungi setiap desa yang masuk dalam nominasi 50 besar ADWI 2022, termasuk desa wisata Pulau Sapi.

Agenda visitasi Menteri Sandiaga Uno yang sebelumnya dijadwalkan pada akhir Juni lalu bertepatan dengan momen peringatan HUT desa Pulau Sapi harus tertunda. Terkait kelanjutan agenda visitasi yang tertunda, Rudianto mengaku telah menjalin komunikasi dengan pihak Kemenparekraf pekan lalu mengenai kesiapan sarana yang ada di desa wisata, namun belum ada informasi lanjutan mengenai penetapan tanggal pasti tim akan melaksanakan kunjungan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar