74 Calon Penggantin Ikuti Bimbingan Perkawinan

KBRN, Tarakan : Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan melalui Bimas Islam, kembali menggelar Kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah, Pekan pertama Bulan Juli 2022, untuk calon pengantin KUA Kecamatan Se-Kota Tarakan, Aula Al Ikhlas. Rabu (6/7/2022).

Kegiatan pekanan ini diselenggarakan selama 2 hari, Rabu dan Kamis, diikuti 37 Pasang (74 Peserta), dengan menghadirkan 5 Narasumber dari 4 instansi, dari BNN Tarakan, DP3APPKB, dan BP 4 Kota Tarakan.

Setiap calon pengantin yang akan melaksanakan akad nikah, wajib mengikuti bimbingan perkawinan yang digelar oleh Kementerian Agama Kota Tarakan, kegiatan ini sebagai syarat mendapatkan sertifikat, kemudian menjadi kelengkapan berkas penerbitkan buku nikah.

Proses tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin.

Tujuan utama dilaksanakannya Bimbingan Perkawinan (Bimwin) adalah untuk melakukan pembinaan kepada calon pengantin (Catin) agar siap dalam segala ihwal kehidupan berumah tangga yang akan dijalani.

Pelaksanaan Bimwin menjadi wajib, selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan, diharapkan kegiatan yang dijadwalkan dua hari bagi setiap catin ini, mampu menekan angka perceraian yang cukup tinggi di Kota Tarakan. (Humas Kemenag Tarakan) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar