Agrobisnis Kopi dan Kakao Bulungan Terus Berkembang

KBRN, Bulungan : Dalam upaya menguatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bulungan menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia PT. Riset Perkebunan Nusantara, melalui Pengembangan agrobisnis kopi dan kakao

Kerja sama itu, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken langsung oleh Bupati Bulungan Syarwani 

Bersama Kepala Penelitian Kopi dan Indonesia (Puslitkoka) Dini Astika Sari, di gedung Puslitkoka, Jember, Pada Kamis, (30/6/22).

Kesepakatan Bersama itu juga didasari dengan Nomor: 134.4/16/KESBER/PEM-III/VI/2022 nomot : 12/KRJ/MoU/Puslit/VI/2022. Tentang Penguatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Bulungan melalui pengembangan agribisnis kopi dan kakao.

"Mudah-mudahan melalui kerjasama ini, pengembangan agrobisnis yang berbasis komoditas kopi dan kakao dapat bermanfaat bagi para petani di Bulungan, mulai dari sektor hulu hingga hilirnya" ungkap Bupati Syarwani.

Dalam kesepakatan bersama itu ada 7 point yang disepakti meliputi perencanaan, pelaksanaan,penilaian, dan pengembangan hulu sampai hilir atas komoditas kopi dan kakao.

"7 poin yang disepakati itu, yakni, Penyediaan inovasi teknologi kopi dan kakao, Pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan kopi dan kakao, Fasilitasi akses pasar domestik dan internasional produk kopi dan kakao; Jaminan mutu keamanan pangan, jaminan mutu keamanan pangan, Penguatan petani dan UMKM kopi dan kakao, Pengembangan wisata edukasi berbasis kopi dan kakao dan, Program kerjasama bidang lain sesuai kebutuhan dan persetujuan PARA PIHAK," sebut Syarwani.

Humas Bulungan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar