Listrik Masuk, Embung Indulung Dinilai Solusi Krisis Air di Tarakan

KBRN, Tarakan : Gayung bersambut proses pemasangan instalasi listrik di kawasan Embung Indulung milik PDAM Tirta Alam Tarakan terus dikebut. 

Usai diperjuangkan oleh Anggota Komisi 6 DPR RI Deddy Sitorus beberapa waktu lalu, tinjauan progres tim Balai Wilayah Sungai V Kaltara, PLN Kaltara, Dinas PUTR Tarakan dan instansi terkait, terus berlanjut melihat langsung perkembangan di lokasi. 

"Kita bisa lihat, PLN sangat serius menghadirkan listrik di kawasan ini, karena memang sudah lama kita harapkan embung Indulung mampu menambah pelayanan air baku kita di Tarakan," Jelas Direktur PDAM Tarakan Iwan Setiawan usai melakukan tinjauan bersama Tim, Sabtu (02/07/2022). 

Embung Indulung ini, lanjut Iwan, memiliki sumber air berlimpah, bersumber dari serapan hutan lindung disekelilingnya dengan daya tampung besar dengan kedalaman 8 meter. Namun, belum dapat dikirim dan diolah ke (Instalasi Pengolahan Air) IPA Amal menunggu masuknya listrik. 

"Ini perjuangan kita 1,5 tahun, bisa kita lihat sungai di sekeliling embung, airnya terbuang percuma, semoga dengan adanya listrik nanti, air yang terbuang segera bisa kita tangkap dan kirimkankan ke IPA Amal Binalatung. Karena sampai saat ini, IPA Kampung 1 sedang krisis air baku dan IPA Amal masih 0 persen Pelayanan," Tambahnya. 

Sementara itu, Menager UPT3 Kalimantan Utara Aditya Dharmawan, yang hadir bersama tim, juga meninju langsung progres pemasangan jaringan listrik di Embung Indulung. 

"Kemarin, PDAM sudah membayar pemasangan barunya, kita langsung diskusi bersama-sama untuk percepatan kelistrikan di Indulung. Untuk awal daya listrik yang dibutuhkan berkekuatan 345 KVA, untuk penambahan nanti naik ke 555 KVA, harus membangun gardu pelanggan terlebih dahulu. 

Ditanyakan mengenai tantangan, akses jalan masih menjadi kendala PLN, tetapi kolaborasi bersama PUPR Tarakan, akan melakukan pengerasan jalan terlebih dahulu, sebelum memasukkan mobile unit listrik milik PLN. 

"Insyallah, target kita dua bulan ini ya, mudah-mudahan listrik nya sudah sampai disini (Indulung), kita harapkan kerjasama dan kolaborasi semua pihak PLN melayani listrik dan PDAM untuk air bagi masyarakat Tarakan," Tutup Adit. 

Sesuai pantauan di lapangan, saat ini jaringan tiang dan accesories PLN sudah mulai dipasang dan dimobilisasi ke daerah Embung Indulung. (Humas PDAM Tarakan) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar