Rakor Camat Kabupaten Malinau, Ada Kecamatan Yang Masih Minim SDM

Pembahasan SDM dilingkup Kecamatan, pada Rapat Koordinasi Camat Seluruh Kabupaten Malinau

KBRN, Malinau : Minimnya aparatur sipil negara di setiap kecamatan di Kabupaten Malinau menjadi kendala dalam menjalankan fungsi pelayanan publik. Terutama kecamatan yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan. Persoalan ini dibahas dalam rakor camat se-Kabupaten Malinau yang dipimpin langsung oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa, SE MH di Ruang Intulun, Selasa (28/06). Salauwati Camat Malinau Selatan menyampaikan bahwa ternyata di wilayah kerjanya masih terdapat banyak kekurangan, mulai dari suplay air bersih, infrastruktur, hingga kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sepertinya banyak ASN yang enggan mengemban tugas di Kecamatan Malinau Selatan, Sehingga SDM ditempat kami masih terbilang sangat minim dalam ukuran jumlah, Papahal kami masih sangat membutuhkan SDM. Untuk pegawai di Kantor Kecamatan Malinau Selatan, sebutnya hanya ada beberapa orang saja, selebihnya dibantu tenaga non ASN yang berjumlah 9 orang.“

Menanggapi hal tersebut Wempi W Mawa menegaskan agar seluruh camat membuat laporan secara tertulis terkait kondisi di wilayah kerjanya masing-masing, seperti jabatan-jabatan yang masih kosong, sehingga pemerintah daerah bisa mengambil sikap kedepannya. Ditambahkan, demi menunjang pelayanan pemerintahan pada level kecamatan, diharapkan setiap ASN harus siap ditempatkan dimana saja, ini tentu akan berdampak terhadap pemerataan pelayanan terhadap masyarakat.

“ apabila seluruh ASN menolak ditugaskan di kecamatan terutama yang berada di daerah pedalaman dan perbatasan, jelas roda pemerintahan menjadi timpang. Kalau tidak ingin bertugas ke kecamatan, terus siapa yang melaksanakan tugas di sana nantinya. Jadi data jabatan yang masih kosong agar segera diinvetalisir dulu, setelah itu dilaporkan ke saya agar bisa tindaklanjuti,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar