24 JCH Malinau Diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan

Bupati Malinau saat berbincanag dengan ketua rombongan haji Malinau usai menyematkan selempang ketua rombongan pada Selasa (28/6/22) pagi.jpg

KBRN – Malinau : Sebanyak 24 orang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Malinau diberangkatkan ke embarkasi Balikpapan melalui bandara Kolonel R.A. Bessing Malinau Selasa (28/6/2022) pagi. Rombongan jamaah calon haji dilepas oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa SE MH dan sejumlah pejabat FKPD dan kepala OPD serta keluarga dari Masjid Agung Darul Jalal, Tanjung Belimbing sekitar pukul 09.00 pagi. Rombongan langsung naik bus menuju Bandara Kolonel RA Bessing Malinau dengan ikuti sejumlah keluarga yang turut mengiringi hingga naik pesawat Wings. Pelepasan ditandai dengan penyematan selempang kepada Ketua Rombongan Haji Kabupaten Malinau oleh Bupati Malinau Wempi W mawa SE. MH. secara simbolis.

Ketua Badan Penyelengara Ibadah Haji (BPIH) Kabupaten Malinau yang juga Wakil Bupati Malinau, Jakaria SE, M.Si menegaskan, melaksanakan ibadah haji diperlukan kesabaran dan ketabahan karena dibutuhkan waktu tunggu yang relative bertahun-tahun/ tentunya dibutuhkan dengan biaya puluhan juta pula. “Namun semua itu akan terlaksana jika sudah jadi kehendah Tuhan yang maha kuasa,” ungkapnya.

Dijelaskan Jakaria, jumlah jamaah haji di tahun ini dikurangi setengahnya dari jumlah yang sebelum-sebelumnya sebanyak 50 JCH untuk Kabupaten Malinau. Namun di tahun ini pasca pandemic covid 19, yang diberangkatkan hanya 24 orang dengan usia tertua 64 tahun. “Kita harapkan tahun-tahun berikutnya, jatah kuota haji ini akan kembali normal 50 orang atau bahkan bisa bertambah lagi,” tutur Wabup.

Dengan adanya pengurangan kuota JCH yang mencapai 50 persen ini, kata Wabup, maka daftar tunggu Kabupaten Malinau saat ini di antara 10 hingga 14 tahun ke depan. Padahalnya, sebelumnya masih berada di antara 7 hingga 10 ke depannya jika total kuotanya masih 50 orang. “ Itu pasih pendek dibanding daerah lainnya yang diatas 20 – hingga 30 tahun daftar tunggu keberangkatannya,” tegasnya.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin ingi melaksanakan rukun islam yang kelima itu maka harus menyegarakan untuk mendaftarakan diri dan menambung untuk medapatkan porsi kursi haji.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar