Malinau Matangkan Persiapan Menuju KLA 2023

Pembentukan Forum Anak di Kecamatan Malinau Barat (27/06).jpg
Pembentukan Forum Anak di Kecamatan Malinau Barat (27/06)..jpg

KBRN, Malinau : Kabupaten Malinau Semakin mematangkan persiapan menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) di tahun 2023. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Sosial (DP3AS) Kabupaten Malinau Tin Alfrida melalui Sekretaris DP3AS Lewi Yalon yang diwawancarai RRI dalam pendampingan pembentukan forum anak di kantor camat Malinau Barat pada Senin (27/06) mengatakan, terdapat 24 indikator yang harus dipenuhi dari 5 kluster KLA. Salah-satunya yakni partisipasi anak. Untuk itu diperlukan adanya forum anak, baik di tingkat kabupaten, maupun tingkat kecamatan hingga desa.

Pasca pembentukan forum anak di tingkat kabupaten, pada tahun ini mulai digagas pembentukan forum anak pada tingkat kecamatan dan desa. Diawali dengan Kecamatan Malinau Barat, khususnya di desa Tanjung Lapang dan desa Kuala Lapang pada Senin (27/06).

“Sebagai indikator menuju kabupaten layak anak, paling tidak ada wadah anak-anak, ada forumnya sendiri, nah… kita nggak bisa mencapai KLA itu karena ada beberapa indikator yang belum terpenuhi, termasuk salah satunya keberadaan forum anak sekian persen di tingkat kecamatan dan desa, dan memang tujuannya selain KLA juga sebagai wadah aspirasi untuk anak-anak, atau untuk mengembangkan kegiatan positif, atapun tempat mereka belajar berorganisasi, kemudian tujuannya juga sebagai pelopor dan pelapor untuk kepentingan-kepentingan anak itu sendiri” Kata Lewi.

Lebih jauh ia mengatakan, tentunya hal ini tidak sekedar berfokus pada pembentukan secara seremonial, karena menurut Lewi, dengan adanya forum anak, mereka sudah seharusnya dilibatkan dalam pengambilan keputusan, misalnya dalam kegiatan musrenbang.

“Jadi mereka harus dihadirkan juga oleh pemerintah dalam pengambilan keputusan, untuk mendengar siapa tahu ada keinginan atau pemikiran mereka yang luput dari pikiran kita sebagai orang dewasa” Ucapnya.

Tidak hanya di Malinau Barat, pembentukan forum anak di Malinau Kota dan Malinau Utara juga telah dijadwalkan dalam pekan ini. Sehingga kedepan target pembentukan forum anak di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Malinau dapat diwujudkan di tahun ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar