Pembangunan Jalan Poros Long Beluah Bulungan Jadi Prioritas

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan Syarwani kembali melakukan rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Tanjung Palas Barat tepatnya di Desa Long Beluah.

Dalam agenda kerja kali ini, Bupati Syarwani bersama Istri, ibu Sri Nurhandayani Syarwani, menghadiri Syukuran Selesai Panen atau disebut Damai Lepajau dan Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Long Beluah ke-117 Tahun, yang digelar oleh masyarakat Long Beluah, yang berlangsung di Lamin Adat Long Beluah. Sabtu, (25/06/2022).

Syukuran Hasil Penen ini, merupakan syukuran bagi para petani di desa Long Beluah, dengan mengungkapkan wujud syukur atas rejeki yang diterima dari tuhan, dalam syukuran itu seperti biasa diagendakan makan bersama, mendengar nasehat orang tua atau ketua adat yang biasa di sebut Ngeningdau Damukun Pepatuk.

Dalam sambutannya Bupati Syarwani memyampaikan bahwa pembangunan infastruktur jalan, terutama jalan poros desa long beluah menjadi prioritas pertama pada tahun 2023 yang akan datang.

"mudah-mudahan, pembangunan jalan ini dapat kita wujudkan bersama, saya minta DPU-PR Bulungan untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan jalan ini," ujar Syarwani.

Terkait pemenuhan kebutuhan air, Syarwani mengatakan air sungai melalui Gunung Keluh merupakan sumber air baku desa long beluah.

"mudahan ini bisa memenuhi, dalam sumber air baku di desa long Beluah, namun dapat dipastikan air itu bisa dikonsumsi dan digunakan. Insya Allah kita pastikan kelayakan air gunung keluh ini, akan dilihat spesifikasinya sehinga air ini aman di konsumsi bagi masyarkat desa long beluah," ujar Syarwani.

Terkait upaya pengembangan kegiatan pertanian di desa long beluah, Syarwani juga meminta kepada Dinas Pertanian Bulungan dan Kaltara saling bersinergi dalam mensuport kegiatan pertanian di desa long beluah.

"Mohon untuk suportnya, sehingga potensi yang ada di desa long Beluah dapat terus di pertahankan, saya juga meminta kepada DPMD untuk melakukan pemetaan baik potensi pertaniannya, maupun pariwisatanya, serta potensi lainnya," ujar Syarwani.

Syarwani juga mengucapkan selamat memperingati HUT desa Long Beluah yang ke-117, semoga seluruh masyarkat kecamatan Tanjung Palas Barat, khususnya desa Long Beluah, selalu mendapatkan keselamatan, dan perindungan dari Tuhan yang Maha Esa.

"Saya berpesan kepada kita semua untuk selalu menjaga kekompakan, jangan terpancing dengan isyu-isyu yang tidak bena, sehingga membuat kita terpancing dan terpecah belah kepada sesam masyarakat desa long beluah," tuntas Syarwani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar