Bupati Bulungan : Cegah campak dan Polio Tugas Bersama

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan, Syarwani, mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Bulungan dalam kegiatan koordinasi dan advokasi di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati pada Rabu (25/5). 

Pencanangan BIAN sebagai upaya strategi nasional penguatan imunisasi rutin serta menutup kesenjangan imunitas kesehatan masyarakat dampak dari pandemi Covid-19.

Dijelaskan, pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi ini meliputi pemberian imunisasi tambahan campak – rubela pada anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun, dan imunisasi kejar bagi anak balita yang belum lengkap imunisasi rutinnya di wilayah Kabupaten Bulungan maupun Provinsi Kalimantan Utara. 

"Sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia. Tahap pertama dilaksanakan mulai Mei 2022 di seluruh provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tahap kedua dilaksanakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali," Jelasnya.

Pencanangan BIAN adalah upaya Kementerian Kesehatan menutup kesenjangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi COVID-19. Dengan terselenggaranya kegiatan BIAN diharapkan kekebalan masyarakat terbentuk, sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela, mempertahankan status Indonesia Bebas Polio, mempertahankan eliminasi tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis. 

Seperti disampaikan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam pencanangan BIAN di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau pada 18 Mei 2022, bahwa penyuntikan imunisasi untuk anak sangat penting dilakukan agar kesehatan anak dapat terjaga hingga menjadi dewasa nantinya. Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bersama-sama kita dukung dan sukseskan agar capaian vaksinasi maupun imunisasi di Kabupaten Bulungan dapat optimal,” ujar Bupati. 

Kegiatan diisi imunisasi bagi 7 anak terpilih, penandatanganan komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan dalam eliminasi malaria, serta penyampaian materi dari narasumber, yaitu dari Ketua Pokja BIAN Bulungan, Pokja KIPI Bulungan, Koordinator Provinsi UNICEF serta Ketua MUI Bulungan. Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan bekerjasama dengan dukungan UNICEF Indonesia.

Para orangtua di Bulungan diminta segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin. 

"Dukungan seluruh unsur masyarakat juga diharapkan untuk menyukseskan program BIAN agar dapat terwujud kesehatan anak-anak di Bulungan dengan baik, sehingga pada akhirnya juga dapat membentuk sumber daya manusia yang juga baik dan sehat,"tuturnya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar