Antisipasi Dampak Banjir, Kecamatan Malinau Kota Akan Lakukan Normalisasi Kanal

Camat Malinau Kota Muhamad Yusuf pada saat melakukan pantauan banjir.jpeg

KBRN, Malinau : Banjir atau luapan air sungai diwilayah Kecamatan Malinau Kota memang sudah biasa terjadi, hampir setiap kali ada peningkatan curah hujan  banjir akan merendam beberapa wilayah di kecamatan malinau kota khususnya yang berada di bantaran sungai Sesayap. Menanggapi permasalah tersebut Camat Malinau Kota Muhamad Yusuf yang belum lama dilantik ini akan melakukan penanganan permasalahan banjir dengan cara normalisasi kanal dibeberapa titik diwilayah kecamatan, demikian disampaikan kepada RRI, Selasa (24/05). Beberapa kanal dan parit-parit yang akan dilakukan normalisasi diantara yang berada di daerah Pastoran seluing, kemudian diwilayah RT/18 dan RT/19 desa malinau kota. 

" Menangani permasalah banjir diwilayah kecamatan malinau kota khususnya, kami akan melakukan normalisasi kanal dan parit-parit pembuangan air, sehingga meskipun tetap terjadi banjir setidaknya ini tidak berlangsung lama, dalam artian air banjir kiriman ditambang dengan air pasang akan segera surut jika kanal berfungsi dengan baik. "

Ditambahkan, rencana penanganan banjir ini akan disampaikan pada musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang). Sedangkan untuk permasalahan banjir yang menimpa wilayah RT/01 desa malinau kota ini disampaikannya memang ini perlu penanganan khusus, karena wilayah RT/01 ini wilayahnya cukup rendah jadi luapan air sungai mudah sekali masuk ke wilayah pemukiman.

" Ini memang harus ditangani secara khusus seperti harus dilakukan pembangunan turap atau pembatas sungai dengan lahan permukiman warga, dan permasalahan ini akan diusulkan ke lintas sektoral sehingga bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi Kalimantan Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar