Aparat Desa Berbondong-Bondong Cairkan Dana APBDes Tahap I

Aparat Pemerintah Desa menunggu giliran verifikasi dokumen susunan APBDes-nya di Dinas PMD Malinau .jpg

KBRN - Malinau : Setelah melakukan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes), tahapan selanjutnya adalah proses pengajuan pencairan dana desa untuk tahap pertama di tahun berjalan. Seperti  di tahun 2022 ini, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Malinau Padan Impung kepada RRI, Senin (23 /5/2022), semua pemerintah desa sudah harus mengajukan percairan dana desanya masing-masing kepada pemerintah daerah melalui DPMD Malinau.

Tentunya harus tetap melampirkan dan melengkapi berkas persyaratan yang telah ditentukan. “Khususnya dokumen susunan anggaran APBDesnya masing-masing yang akan diverfikasi oleh DPMD sebelum diajukan ke bidang anggaran,” terang Padan Impung.

Disinggung desa-desa yang telah mengajukan pencairan dana desa, Padan Impung menyebutkan, sejauh ini sudah mencapai 80 desa dari 109 desa yang telah masuk ke DPMD Malinau. Bahkan sudah ada yang menjalankan program kegiatan pembangunan di desanya setelah dana APBDes tahap I ini dicairkan. “Tetapi ada juga kecamatan yang banyak desanya belum mengajukan pencairan, yaitu di Kecamatan Mentarang,” sebut mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Setkab Malinau ini.

Oleh karena itu, desa -desa yang belum mengajukan pencairan dana desanya diharapkan segera mengajukan berkas persyaratannya akan tidak terlambat nantinya.(**)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar