Empat Tahun, Perempuan Produktif Bertambah

KBRN, Kaltara : Selama empat tahun terakhir, perempuan usia produktif di Kaltara terus bertambah.

Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kaltara, Basran memaparkan saat ini ada 161 ribu penduduk perempuan usia produktif di Kaltara atau yang memiliki usia 25 sampai 59 tahun.

Ia menjelaskan jumlahnya meningkat 10 ribu dibandingkan tahun 2018. “Pertumbuhan paling banyak ada di tahun 2020 dan 2021, masing-masing bertambah 4 ribu dan 5 ribu orang dalam satu tahun,” ujarnya.

Kelompok usia ini dikategorikan sebagai individu yang memiliki tingkat produktivitas paling tinggi. Tentunya harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah agar tidak banyak perempuan produktif yang menjadi pengangguran.

“Selain itu, penting bagi pemerintah menyediakan program dan kegiatan untuk memberdayakan SDM perempuan usia produktif, sehingga dapat mendorong perekonomian daerah,” jelasnya.

Detailnya ada 82.182 perempuan usia produktif yang bekerja di tahun 2021 dan dikategorikan sebagai kelompok usia pekerja prima. “Kelompok pekerja prima ini merupakan pekerja yang pada umumnya berisi pekerja yang sudah berpengalaman masuk dalam dunia kerja,” bebernya.

Sementara itu, penduduk perempuan usia 15 sampai 24 tahun di tahun 2021 mencapai 59,9 ribu orang. Dikategorikan kelompok pekerja muda karena harus mendapatkan persiapan yang matang agar siap untuk masuk dunia kerja dan terus meningkatkan produktivitasnya.

Adapun, di Kaltara ada 14.992 pekerja perempuan yang berusia 55 tahun ke atas. Menurut Basran, mereka umumnya sudah memasuki masa pensiun atau purna bakti. Namun, faktor ekonomi biasanya masih menjadi alasan untuk seorang perempuan tetap bekerja di usia tua.

“Kalau dibandingkan tahun 2020, jumlah pekerja perempuan usia tua bertambah di tahun 2021,” tuturnya. (kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar