Kebutuhan Belum Terpenuhi, Pemkab Genjot Peningkatan Pertanian

KBRN, Kaltara : Hasil pertanian di Kabupaten Bulungan belum memenuhi kebutuhan pangan lokal.

Wakil Bupati (Wabup) Bulungan Ingkong Ala mengatakan melihat hal itu Pemkab akan terus upaya nelakukan peningkatan hasil produksi. Harapannya, Bulungan bisa surplus terutama pada komoditi beras.

Ia menjelaskan dalam setiap musim panen memang cukup memenuhi kebutuhan lokal. Namun diperkirakan hanya bertahan sekitar tiga hingga empat bulan saja. “Kalau untuk surplus dalam setahun sementara belum. Tentu saja dalam hal ini pemerintah mendorong para petani untuk terus meningkatkan produktivitas, minimal bisa memenuhi kebutuhan beras dalam satu tahun. Sehingga, bisa mengurangi ketergantungan beras dari pasokan luar daerah,” katanya.

Jika nantinya produksi surplus, salah satunya dengan memaksimalkan lahan pertanian yang ada. Dengan demikian, Bulungan diyakini juga bisa memasarkan hasil pangannya ke luar daerah.

“PPL (penyuluh pertanian lapangan) juga kita minta berperan aktif untuk melakukan pendampingan kepada petani. Jika di lapangan ada ditemui PPL yang tidak aktif, segara laporkan. Kita berharap PPL ini juga bisa mengkaver beberapa desa, karena sekarang ini personel PPL kita masih terbatas,” bebernya.

Selain itu, Ingkong juga meminta kepala desa (kades) berperan aktif juga melakukan pengawasan. Apalagi untuk ketersediaan pupuk sejauh ini dipastikan tidak menjadi persoalan. Bukan hanya padi, petani juga diharapkan menanam tanaman hortikultura.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Bulungan, Ahmad Yani mengatakan, lahan pertanian di Bulungan cukup luas, sehingga diyakini masih banyak potensi yang bisa dimaksimalkan untuk mendorong produksi pertanian. (kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar