Pesta Panen, Bentuk Rasa Syukur

KBRN, Bulungan : Wakl Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si menghadiri syukuran selesai panen masyarakat Desa Pejalin, Kecamatan Tanjung Palas pada Sabtu (21/5).  

Wabup bersyukur karena setiap tahun masyarakat Bulungan yang sebagian besar petani di setiap desa berhasil mengelola lahan pertanian dengan baik.

“Ini wujud rasa syukur kita karena dari mulai menebas, menugal sampai panen sudah menjadi budaya kita sejak dahulu kala,” ucap Wabup. 

Syukuran yang dilaksanakan setiap tahun menjadi salah satu bukti masyarakat Bulungan terus menjaga adat istiadat yang mengandung banyak nilai positif, salah satunya mempererat jalinan tali silaturrahmi antar masyarakat, suku dan umat beragama di Bulungan.

Dilanjutkan, untuk meningkatkan produktivitas atau hasil panen padi per hektar, masyarakat petani dapat berkoordinasi dengan petugas pertanian dan harus mau serta mampu menerapkan cara bercocok tanam sebagaimana yang dianjuran oleh petugas atau penyuluh pertanian.

Diingatkan, pemerintahan Joko Widodo menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional yang dilaksanakan, guna mewujudkan swasembada pangan untuk 3 tahun ke depan. 

Hal itu sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menjadikan sektor pertanian sebagai andalan sesuai visi Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera. 

Wabup mengajak masyarakat petani untuk terus membangun dan meningkatkan sektor pertanian di Bumi Tenguyun di mana Pemkab siap membantu agar Kabupaten Bulungan dapat terus menjadi penyangga komoditas beras di Kalimantan Utara.

“Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Pejalin yang telah mengundang kami untuk bersama-sama merasakan kebahagiaan ini dan menikmati hasil panen bersama masyarakat,” ucap Wabup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar