Hasil Akhir SP2020 Lanjutan Jadi proyeksi Perkembangan Penduduk 2025-2030

Supriyanto, Kepala BPS Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malinau, Supriyanto mengungkapkan, hasil akhir yang diharapkan dari pelaksanaan sensus penduduk lanjutan tahun 2020 tahun ini untuk mendapatkan gambaran tentang kependudukan. Mulai dari migrasi kependudukan, tingkat kesehatan masyarakat , tingkat pendidikan, indeks pembangunan manusia (IPM) dan yang lain-lainnya seperti apa perkembangnnya.

“Termasuk juga nanti kondisi perumahan masyarakatnya juga akan mendapat gambarannya seperti apa nantinya. Tujuannya nanti kearah sana,” terang Supriyanto.

Sebab, sambung Supriyanto, dari hasil sensus ini nantinya akan dijadikan sebagai media proyeksi perkembangan pendudukan ke depannya yaitu di tahun 2025 sampai 2030 seperti apa proyeksinya. “Paling tidak, di tahun 2025 itu nanti akan tetap dikontrol perkembangan penduduknya,” tegasnya.

Sedangkan hasil dari data sensus tersebut, Supriyanto sangat mengharapkan agar bisa dikeluarkan di tahun 2022 ini.  Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, release data sensus itu akan dikeluarkan pada awal tahun setelahnya. “(Keigatan) ini juga kami lakukan kolaborasi dan koordinasi dengan teman-teman Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) sebagai rujukan data penduduknya. Kami berharap bisa dikeluarkan di tahun ini,” ungkapnya.

Namun diakui Supri, setelah selesai mendataan tersebut nantinya akan memengalami proses panjang dalam pengolahannya hingga proses koordinasi dan rekonsiliasi dengan Disdukcapil. Namun dirinya berharap, proses rekonsiliasinya dapat berjalan dengan baik. “Kami berharap, datanya bisa dikeluarkan tahun ini. Tapi biasanya  diawal tahun. Ya, paling tidak itu ada gambarannya dulu lah. Karena selama ini juga seperti itu,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar