Syukuran Panen Desa Mentun Sajau

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan Syarwani menghadiri acara Syukuran Akhir Panen atau Pengomoman Lepajao, yang digelar oleh masyarakat 

Desa Metun Sajau, Di Lamin Adat Lu'ung Jalung. Sabtu, (14/5/22).

Syarwani mengatakan syukuran akhir panen selalu di agendakan tiap tahunnya, merupakan tradisi yang harus tetap dipertahankan sebagai kearifan lokal masyakarat yang ada di desa Sajau Metun.

"Syukuran akhir panen ini sebagai bentuk ekspresi rasa syukur kita atas panen, anugrah rejeki yang diberikan oleh tuhan yang maha esa dalam aktifitas kita dibidang pertanian," ungkap Syarwani 

Pada acara tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, Wakil Bupati Ingkong Ala, Sekretaris Daerah Risdianto,

Syarwani mengungkapkan bahwa seperti yang disampaikan Kepala Desa Sajau Metun, Banyak hal yang memang menjadi pekerjaan atau PR, dan itu menjadi catatan bagi Pemerintah Daerah Bulungan seperti pemenuhan kebutuhan dasar berupa air bersih maupun kebutuhan lainnya yang tentu memang ini dibutuhkan oleh masyarakat desa Sajau.

"Apa yang disampaikan oleh Pak Kades, insya Allah kalau tahun depan kita tidak bisa tuntaskan 100 persen namun minimal satu atau dua yang bisa kita laksanakan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat Sajau Metun," ujar Syarwani.

Dalam sambutannya, Syarwani juga meminta kepada teman-teman dunia usaha yang ada di Desa Sajau Metun untuk selalu berkoordinasi dan kerja sama dengan seluruh masyarakat desa dan jajaran perangkat desa Sajau Metun..

"Keberadaan dunia usaha yang beroperasi di desa Sajau ini, tentu menjadi bagian yang harus diperhatikan dunia usaha terhadap kondisi yang ada di desa ini. Paling tidak bisa meringankan dan membantu beberapa hal yang memang menjadi kebutuhan masyarakat Sajau Metun," ujar Syarwani. 

Syarwani juga mengatakan bahwa Pemda membangun Kabupaten Bulungan tidak hanya dari sisi fisik namun mental dan spiritual juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konsep pembangunan secara menyeluruh di kabupaten Bulungan

Demikian juga Pemda Bulungan juga berupaya mendorong pembangunan pada sektor pertanian, Saya meyakini dan percaya bahwa tradisi ladang merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan, karena itu merupakan identitas masyarakat di bulungan tentu kedepan dapat ditingkatkan, kami dijajaran Pemda Bulungan akan berupaya mendoroang di desa Sajau Metun untuk meningkatkan produksi dari kegiatan perladangan pertanian dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Sajau Metun ini.

Dikatakan Syarwani, bahwa sebanyak apapun anggaran Pemda Bulungan kalau tanpa rasa kebersamaan, rasa kekompakan tidak ada yang dapat bisa dibuat.

" Tapi yakinlah segala keterbatasan yang di miliki oleh Pemda Bulungan kalau kita kompak dan bersatu mungkin kita dapat bisa menyelesaikan persoalan persoalan yang ada," tuntas Syarwani.

Diskominfo Bulungan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar