Tutup Rakor Kehumasan, Kemenag Kaltara Tekankan Jalankan Rekomendasi

KBRN, Tarakan : Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan dan Master of Ceremony (MC) se-Kalimantan Utara usai digelar, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini ditutup langsung oleh Kabag TU H. Syopyan mewakili Kakanwil Kemenag Kaltara.

Dalam rakor yang diikuti oleh bidang Humas pada satker Kemenag se-Kaltara ini menghasilkan sejumlah rekomendasi. Di antaranya menyangkut penguatan media publikasi yang dimiliki Kanwil Kemenag Kaltara.

"Kita punya media publikasi. Mari kita ramaikan itu dengan diisi berita-berita yang dilaksanakan satker masing-masing. Komitmen ini saya rasa menjadi penting supaya apa yang kita laksanakan tersampaikan kepada masyarakat luas melalui website, misalnya," ajak Syopyan.

Pemberitaan yang dibuat oleh Humas, lanjut Kabag TU, sebagai bagian dari membangun citra Kementerian Agama. Sebab dengan publikasi yang menyeluruh, masyarakat dapat mengetahui, sekaligus menilai layanan publik yang diberikan setiap instansi pemerintahan.

"Jangan sampai, kegiatan, terobosan, dan capaian yang kita raih di Kementerian Agama hanya diketahui orang dalam. Masyarakat juga perlu tahu. Oleh karena itu, humas sebagai perantara antara Kemenag dengan masyarakat, setidaknya buat beritanya, tampilkan di website," tekan Syopyan mengingatkan.

Penguatan kompetensi Humas, dijelaskan Kabag TU, menjadi sebuah keniscayaan di era digitalisasi. Terlebih, penyebaran informasi bisa diakses lebih mudah dan cepat.

"Penguatan keterampilan menulis yang ditunjang dengan sistem, dan perangkat pendukung seperti kamera dan lainnya, juga perlu perhatian. Saya berpesan, apa saja rekomendasi dari rakor ini bisa dijalankan, dan menjadi oleh-oleh ketika pulang ke satker masing-masing," pintanya.

Begitu juga dengan MC, lanjut Syopyan. Para pembawa acara memiliki peranan penting dalam setiap kegiatan. "MC ini yang mengawali kegiatan. Kegiatan akan sukses jika diawali dengan baik. Maka kompetensi pembawa acara juga perlu diperkuat. Seperti gaya bahasa, intonasi suara, hingga penampilan," pungkasnya. 

Humas Kemenag Tarakan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar