Syarwani Ajak OPD Kolaborasi Kembangkan Hutan Kota Bunda Hayati

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan Syarwani menyatakan ingin kawasan Hutan Kota Bunda Hayati benar-benar produktif sehingga dapat meningkatkan prekonomian masyarakat.

"Iya, disamping untuk kepentingan kegiatan ekologi dan edukasi juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, maka itu saya mengajak kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk berkolaborasi mengembangkan Hutan kota ini," tutur Syarwani, saat meninjau kawasan Hutan Kota Bunda Hayati bersama jajaran OPD Pemkab Bulungan. Senin, (24/01/22).

Syarwani melihat bahwa Hutan kota yang berada di jalan sengkawit, masi banyak yang harus dilakukan pembenahan, juga penataan, meskipun tidak bisa dilaksanakan sekaligus.

"Insya Allah, pembenahan hutan ini dilakukan secara bertahap. Tahun ini kita akan manfaatkan fasilitas yang ada saat ini, termasuk embung yang ada ini, bagaimana dapat diproduktifkan, sayang kan kalau hanya untuk menyimpan air saja, mungkin kedepan akan berkolaborasi dengan dinas perikanan, " ujar Syarwani.

Syarwani juga meminta kepada tiap OPD untuk menyiapkan bibit buah-buahan varian lokal untuk dikembangkan di hutan kota ini, guna melestarikan komoditas buah-buahan lokal yang ada di Bulungan.

"Selain menjadikan tempat sarana olah raga, dan edukasi kawasan hutan ini juga dapat menjadi kawasan agrowisata, saya berharap kawasan hutan kota ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Bulungan," ungkap Syarwani.

Dengan luasan kawasan huta kota sekitar 80 hekatare itu, Syarwani berharap di dalam kawasan hutan kota itu masing-masing ada tempat kegiatannya seperti kegiatan edukasi, juga ada kegiatan kepariwisataan.

"Kalau Untuk masterplannya sudah ada, namun untuk detailnyakan itu nanti ada tata letak yang ada dalam kawasan. Untuk pengelola kawasan hutan kota ini, kalau dalam lintas OPD akan ada UPTD khusus yang mengelola ini, karena diharapakan kawasan ini juga dapat menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) Bagi daerah, kalau ada kegiatan ekonomi yang mensuport kegiatan di dalam kawasan hutan kota bunda hayati ini, " tuntas Syarwani.

Sumber : Pemda Bulungan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar