Optimisisme Terhadap Peningkatan Serapan Gabah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau Afri ST. Padan.jpg

KBRN, Malinau : Diperkirakan ada peningkatan serapan gabah tahun ini menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau Afri ST. Padan yang wawancarai di pusat pertanian desa Tanjung Lapang hari ini. Menurutnya hal ini terjadi karena semakin meningkatnya motivasi masyarakat untuk meningkatkan kegiatan pertanian, terutama produksi gabah. Terlepas dari adanya kegagalan panen di titik-titik tertentu pada sejumlah desa karena bencana banjir beberapa waktu lalu, namun hal ini tidak berpengaruh secara keseluruhan pada hasil gabah.

“Kalau kita mengacu ke hasil serapan gabah kita ya dari dua ratus enam ton 2020, naik lima ratus ton lebih lah 2021 ini, kalau dari kami optimis untuk tahun ini karena ini sudah panen perdana dan memasuki panen raya MT3 kan di awal tahun 2022 ini kemungkinan karena ini sudah serentak, dari hasil pengamatan juga maupun dari hasil kemungkinan-kemungkinan yang ada memang terjadi peningkatan” Ucap Afri (24/01).

Jika dikaitkan dengan salah satu program daerah, RASDA yang merupakan program stimulan untuk memacu petani bisa berproduksi dengan memanfaatkan lahan, keahlian dan peluang kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dari hasil pertanian, maka yang terpenting dari program ini menurut Afri, yakni perubahan mindset masyarakat. Dan pihaknya menilai kemauan petani untuk berbudidaya dan mengahasilkan yang menjadi penekanan selama ini, sudah terlihat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar