Sejumlah Fasilitas Olahraga Akan Direhap dan Bangun Kembali

Tomi Labo Kepala Dinas PUPR Perkim Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Di tahun anggaran 2022 ini, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPUPR/Perkim Kabupaten Malinau akan lakukan perbaikan dari beberapa fasilitas umum gedung olahraga. Pemkab Malinau melalui Dinas PUPR Perkim telah mengalokasikan anggaran senilai Rp5 miliar melalui APBD 2022. “Anggaran ini untuk renovasi sejumlah fasilitas olahraga,” terang Kepala Dinas PUPR Perkim Malinau Dr. Tomi Labo, M.Si kepada RRI (20/1/2022) siang di ruang kerjanya.

Dijelaskan Tomi Labo, tahun 2022 ini terdapat beberapa  gedung olahraga yang akan direnovasi, diantaranya gedung stadion utama, GOR bulu tangkis, lapangan futsal dan GOR (Gedung Olahraga) di Kecamatan Malinau Utara. Untuk GOR yang ada di Kecamatan Malinau Utara atau tepatnya di Desa Malinau Seberang menjadi atensi utama. Sebab, dinilai dari segi konstruksi bangunan sudah tidak layak difungsikan. “Nah dimungkinkan akan dirobohkan. Maka akan dibangun kembali,” tutur mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Malinau ini.

Selain itu, lanjut Tomi, beberapa fasilitas olahraga yang ada di Kecamatan Mentarang juga akan direnovasi kembali gedung olahraga bulu tangkisnya. Karena konstruksinya masih berbahan kayu. Termasuk GOR PBSI yang ada di jalan Pusat pemerintahan Tanjung Belimbing, sehingga dimungkinkan akan dicor dan lapangan akan diberikan karet sesuai dengan rekomendasi dari PBSI. Sedangkan realisasi pelaksanaannya, diakuinya, masih menunggu penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) oleh kepala daerah, dalam hal ini bupati. Alasan pemerintah daerah melakukan perbaikan fasilitas olahraga ini karena memang belum ada perawatan terhadap fasilitas dan sarana gedung olahraga. “Jadi di masa kepemimpinan beliau (Wempi W Mawa) ini perlu adanya perawatan dan dianggarkan,” jelasnya.

Saat ini, kata Ketua KONI Malinau ini, antusiasme generasi milenial cukup tinggi terhadap olahraga. Sehingga, pemerintah daerah sangat mendukung dan men-support olahraga ini bisa meningkatkan imun tubuh dan sehat. Namun untuk sementara ini, tidak ada rencana pembangunan gedung olahraga baru.  Karena gedung-gedung yang sudah ada ini, masih bisa dimanfaatkan oleh cabor lain. “Makanya ada beberapa gedung yang dilakukan perawatan sehingga bisa ditempati nantinya. Seperti fasilitas futsal itu bisa digunakan oleh bela diri. Nah yang mengaturnya adalah KONI,” tuturnya.

Terkait dengan kelanjutan kolam renang, mantna Kabag ekonomi Setkab Malinau ini menegaskan sudah tidak dapat direkonstruksi karena kontur tanahnya sudah turun. Dengan demikian, anggaran yang dibutuhkan terlalu besar. “Dimungkinkan akan dialihfungsikan untuk tempat kantor atau sebagainya,” tukasnya. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar