Pasca Launching, 7.000 Sasaran Anak Dijadwalkan Vaksin

Bupati Malinau Wempi W Mawa didampingi Ketua TP PKK Malinau Maylen Wempi memberikan motivasi pada anak yang divaksin saat launching vaksin anak usia 6 s/d 11 tahun di SDN 002 Malinau Kota (18/01).jpg

KBRN, Malinau : Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 s/d 11 tahun dimulai hari ini (18/01) ditandai dengan launching vaksinasi anak oleh Dinas Kesehatan, TNI, dan POLRI di SDN 002 Malinau Kota. Secara bersamaan vaksinasi anak juga dilakukan di dua lokasi di Kecamatan Malinau Barat, yakni di Desa Tanjung Lapang dan Desa Sesua. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau John Felix Rundupadang yang diwawancara di sela-sela kegiatan vaksinasi di SDN 002 Malinau Kota Selasa pagi mengatakan, ini menjadi lampu hijau bagi pelaksanaan vaksinasi anak di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Malinau, dimana terdapat sekitar 7.000 sasaran anak usia 6 s/d 11 tahun yang ditargetkan rampung dalam waktu 1 bulan.

“Terget kita satu bulan bisa selesai, bisa tuntas, karena ini ndak dikejar-kejar seperti yang lain, tinggal sudah tempatnya jelas, sekolahnya jelas, tinggal didatangi saja, jadi dari jadwal tidak sampai satu bulan insyaallah bisa selesai kecuali mereka-mereka yang tidak datang pada saat jadwal pelaksanaan, nanti kita akan jadwal ulang lagi” Kata John Felix (18/01).

Pantauan RRI, vaksinasi anak di hari pertama ini dilaksanakan dalam dua shif, dimulai pukul 8:00 WITA untuk shif pertama, dilanjutkan shif kedua pukul 10:00 WITA. Pada saat penyuntikan, anak-anak didampingi orang tua masing-masing.

Sementara itu Kepala SDN 002 Malinau Kota Puspa Suryani yang dikonfirmasi terpisah pada kegiatan yang sama mengatakan, sepekan pasca adanya sosialisasi dari petugas terkait vaksinasi anak, pihaknya menyebarkan angket kepada wali murid untuk memastikan dukungan orang tua terhadap pemberian vaksin. Menurutnya rata-rata orang tua menginginkan anaknya divaksin karena mengharapkan pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan secara penuh.

“Dari orang tua murid itu semua ngisi data, dikasi angket sudah, orang tua itu semuanya ngisi sebelum pelaksanaan vaksin karena orang tua kan mau anaknya turun ya seratus persen ke sekolah” Ujarnya.

Hal senada disampaikan Bupati Malinau Wempi W Mawa yang dimintai tanggapan usai memberikan pidato sambutan dalam kegiatan tersebut. Pihaknya juga mengapresiasi antusiasme anak dan dukungan orang tua terhadap kegiatan vaksinasi.

“Kami berharap dengan kegiatan ini segera dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Malinau, karena kita ingin proses belajar bagi anak-anak ini, paling tidak herd immunity itu juga tercapai di setiap sekolah, karena hari ini Kabupaten Malinau telah zero dari kondisi covid, oleh sebab itu antusias dari anak-anak ini didukung dengan orang tua, kita berikan apresiasi juga karena ini lah yang menjadi harapan kita bersama, jadi apa yang kita lakukan hari ini sebagai bentuk wujud kesiapan semua pihak, termasuk orang tua dari murid datang untuk mendampingi anak-anak mereka untuk menerima vaksin ini” Kata Wempi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar