Cina Dan Vietnam Sasaran Ekspor Lada Kaltara

KBRN, Tarakan : Rempah-rempah asal Kaltim dan Kaltara sudah mulai merambah ke pasar internasional. Beberapa sampel pala, lada, bubuk kunyit, bubuk lengkuas sudah dikirim ke USA tahun lalu.

Dari sampel yang dikirim ini, khusus lada berasal dari Kaltara dan sisanya dikirim dari Berau, Kaltim.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Tarakan, Ahmad Alfaraby menuturkan, sampel yang dikirim ke USA ini memang salah satu tujuannya agar bisa membuka peluang ekspor.

“Meskipun saat ini memang luas lahannya masih sedikit karena hanya skala kecil saja. Sedangkan untuk lada yang dari Mangkupadi, Bulungan bukan pengiriman pertama,” katanya, Minggu (16/1/2022).

Sebelumnya, pengiriman lada dari Mangkupadi sudah sering dilakukan dan beberapa kali mengirimkan produknya ke Cina dan Vietnam. Melihat peluang ekspor bubuk rempah ini, jika dikembangkan lebih besar lagi bisa memiliki potensi.

Hanya saja, saat ini untuk bubuk kunyit dan lengkuas misalnya belum bisa dikembangkan untuk ekspor karena untuk mencukupi kebutuhan di wilayah Kaltara sendiri masih kurang.

Sementara itu, pelaku usaha ekspor lada, Anya Mandalika Surya mengungkapkan, pihaknya sudah beberapa kali mengirimkan lada asal Kaltara ini ke Cina dan Vietnam. Dalam sebulan pengiriman bisa mencapai 4 sampai 5 kontainer melalui pelabuhan Berau, Kaltim.

“Kalau pengiriman ke USA, hanya 1 ton. Tidak banyak, karena memang permintaan mereka tidak pernah banyak dan tidak setinggi Cina dan Vietnam. Kalau di Cina dan Vietnam itu kan diproduksi dulu, jadi bubuk dan dishare ke negara lain, termasuk ke negara kita,” tuturnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar