UPTD Bapenda Maksimalkan Sosialisasi Retribusi PKB dan BBNKB

Kepala UPTD Bapenda Malinau, Dr. H. Aan Hartono.jpg

KBRN – Malinau : Capaian target kinerja, sudah pasti menjadi prioritas utama bagi setiap organisasi maupun lembaga baik organisasi pemerintah maupun pihak swasta. Hal ini juga akan disesuaikan dengan rencana realiasi target program kerja yang telah tersusun setiap tahunnya maupun pogram jangka menengah dan jangka panjangnya. Begitu pula dengan yang akan dilakukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Badan Pendapatan Daerah (UPTD Bapenda) Malinau.

Menurut Kepala UPTD Bapenda Malinau, Doktor Haji Aan Hartono, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat melalui cra dan upaya untuk mencapai realisasi target pendapatan retribusi pajak. KHususnya pada sector pajak kendaraan bermotor dan retribusi pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di tahun 2022 ini. “Kami akan melakukan sosialisasi ke desa-desa dan kecamatan agar masyarakat dapat memahami tentang pajak PKB dan BBNKB ini,” terang H. Aan Hartono kepada RRI Sabtu (15/1/2022).

Termasuk juga, sambung H. Aan Hartono, akan menitipkan pengumuman kepada mengurus masjid dan gereja untuk disampaikan kepada jemaatnya sebelum ibadah di hari jumat bagi umat islam dan hari minggu bagi umat nasrani. “Karena ini urusan pemerintah dan sasarannya juga merupakan masyarakat secara umum yang berkewajibn untuk membayar pajak PKB dan BBKB ini,” ujarnya.

Aan Hartono menjelaskan, penghasilan dari retribusi pajak PKB dan BBNKB tersebut dikembalikan ke pemerintah daerah sebesar 30 persen dati total pendapatan. Sedangkan 70 persen sisanya itu disetorkan ke pemerintah provinsi. “Jika pendapatan pajak dar PKB dan BBNKB ini besar, maka besar juga perolehan keuangan daerah dari pajak ini,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar