BPR Bulungan Kelola ADD 2022

KBRN, Bulungan : Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bulungan akan mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD dan dari APBN. 

Selama ini, kerja sama pengelolaan dana desa dan ADD dilakukan oleh BPD Kaltimtara. Pengelolaan ADD dan dana desa oleh BPR akan dilakukan mulai 2022 mendatang. 

Bupati Bulungan Syarwani yang hadir dalam penandatanganan MoU mengatakan Pemkab Bulungan memiliki bank daerah yang bisa dimaksimalkan untuk bersinergi bersama dalam pengelolaan dana desa. 

“BPR, milik Pemkab Bulungan. Kita support sepenuhnya untuk pengembangan bank, salah satunya dalam pengelolaan dana desa,” ujarnya. 

Ia meminta melalui kerja sama ini, BPR bisa semakin memaksimalkan pelayanannya. Kemudian memprioritaskan pengelolaan dana desa terhadap 74 desa di Bulungan. 

“Sudah banyak contoh, seperti di Jawa Timur tepatnya di Sidoarjo dan juga Yogyakarta. Di mana sebagian besar kegiatan yang bersumber dari APBD, dikelola langsung oleh bank yang dilahirkan oleh pemdanya,” jelasnya. 

Sementara baru dana desa, jika di 2022 bisa dimaksimalkan, maka selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan dengan agenda lainnya yang serupa. 

Sebelumnya, dalam pengelolaan dana desa 2021, Bulungan mendapatkan predikat terbaik oleh Kanwil DJPb Kaltara. Terkait predikat itu, bupati mengatakan, hal tersebut merupakan kerja maksimal semua pihak, mulai dari desa dan juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

Kasi Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Desa DPMD Bulungan, Nurdin Lubis mengungkalkan karena ada dua bank yang terlibat dalam pengelolaan dana desa, maka prosesnya akan ada pembagian, antara BPD Kaltimtara dan BPR Bulungan. 

“Ada tiga sumber anggaran untuk desa, nanti akan ada sistem area. Saat ini kita sedang mengatur itu, mana yang tetap dilayani BPD dan mana yang akan dilayani BPR,” tuturnya. (kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar