TTG Nasional 2022, Malinau Diharapkan Jadi Duta Kaltara

Edy Suharto Kepala DPMD Kaltara (baju Batik) dan Kepala DPMD Malinau Padan Impung (kiri).jpg

KBRN – Malinau : Selain evaluasi dana desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kaltara melihat langsung kemajuan teknologi tepat guna (TTG) yang ada di Malinau. Karena di tahun 2018 silam, TTG Kabupaten Malinau sudah berhasil menjadi juara nasional yakni berupa alat pertanian

“Tahun depan di 2022 Malinau nanti bisa berpartisipasi lagi mewakili Provinsi Kaltara berkompetisi di tingkat nasional di Jawa Barat. Cuma, lokasinya belum tahu apakah di bandung atau kabupaten lainnya,” terang Edy Suharto kepada RRI.

Namun demikian, sambung Edy Suharto, sebelum dikirim ke Jawa Barat untuk berkompetisi secara nasional nanti maka dari pemerintah Provinsi Kaltara akan melakukan penilaian dari semua peserta tingkat kabupaten. Tujuannya, untuk mencari TTG mana yang layak dan memang lebih lebih nantinya. “Mudah-mudahan, Malinau juga terpilih lah untuk mewakili Provinsi Kaltara ke tingkat nasional lagi tahun depan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Malinau, Padan Impung menambahkan, lomba TTG tingkat kabupaten Malinau sudah digelar pada Maret 2021 lalu. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah inovator desa unjuk gigi memamerkan alat dan inovasi TTG unggulannya. Diantara TTG tersebut, ada alat pertanian berupa mesin pembersih gabah, mesin pencacah pakan ternak, alat penanam padi.

Termasuk juga mesin tetas sederhana dan alat penjernih air serta mesin pemipil jagung. “Selain itu terdapat ada pula inovator desa yang memamerkan metode pemanfaatan limbah batik, dan pemanfaatan limbah sampah sebagai pupuk kandang,” terangnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar