Evaluasi ADD, DPMD Kaltara Salut Malinau Sudah Lakukan Duluan

Kepala DPMD kaltara (baju batik) saat memberikan penjelasan terkait kunjunganya kepada RRI didampingi Kepala DPMD Malinau .jpg

KBRN-Malinau: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kaltara melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan DPMD Kabupaten Malinau yang dilakukan sejak Jumat (4/12/2021) pecan kemarin. Selain meningkatkan koordinasi sekaligus ingin mengetahui sejauh mana tingkat pelaksanaan evaluasi program alokasi dana desa (ADD) tahun 2021 yang ada di Malinau juga untuk berkenalan. “Pertama, silaturahmi karena saya masih baru,” terang Kepala Dinas PMD Provinsi Kaltara Edy Suharto kepada RRI disela kunjungan kerjanya di Dinas PMD Malinau.

Kemudian, kata Edy Suharto terkait dengan program dana desa karena Kabupaten Malinau merupakan salah satu dari 4 kabupaten di kaltara ini yang menerima dana desa. Untuk evaluasinya, ternyata di Kabupaten Malinau  ini ternyata lebih dulu dilakukan dibanding dengan kabupaten lainnya.

“Penyerapan dana desanya ini sudah hamper 90 persen, sesuai dengan penjelasan dari staf dari Dinas PMD Malinau dan diperkirakan pada tanggal 10 nanti itu bisa mencapai 100 persen lah. Jadi, kami sangat apresiasi sekali kepada DInas PMD Malinau ini,” terang Edy Suharto dan menyebutkan bahwa nilai dana desa mencapai 117  miliar lebih di tahun 2021 yang besaran penerimaan setiap desanya itu tidak sama.

Selain itu, kata mantan Kepala DInas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltara ini, juga melakukan silaturahmi dengan tenaga pendamping desa tingkat Kabupaten Malinau. Karena Dinas PMD ini bermitra dengan tenaga pendamping desa ini, yang dinilai sangat  membantu DInas PMD provinsi maupun kabupaten dalam hal data. “Mereka lebih banyak turun di lapangan, berinteraksi dengan masyarakat kemudian membantu desa dalam menyusun rencana pembangunan desa, perdes, anggaran desa dan yang lainnya,” sebutnya.

Edy Suharto mengakui, PMD Provinsi Kaltara juga terbatas anggota sehingga tidak bisa menjangkau semua wilayah desa yang ada di 4 Kabupaten di Kaltara ini. “Mereka itulah yang banyak membantu kami,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar