Tahun Depan, Satu Desa Ada Satu Petugas Registrasi Penduduk

Wesly Ding, Kepala Disdukcapil Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Salah satu upaya dan terobosan baru dalam upaya untuk peningkatan capaian pelayanan tertib adminsitrasi kependudukan di Kabupaten Malinau, akan diangkat petugas registrasi penduduk di tingkat desa. Artinya, sambung Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Disdukcapil Kabupaten Malinau, Wesly Ding SE, MSi kepada RRI, di 109 desa yang ada di 15 wilayah kecamatan di Kabupaten Malinau ada seorang bertugas mencatat kelahiran dan kematian penduduk.

Termasuk juga mutasi penduduk, baik yang datang maupun keluar atau pindah dari desa itu akan dicatat oleh seorang petugas registrasi kependudukan di desa tersebut. “Tapi, ini akan dilakukan secara serentak dan menyeluruh di Provinsi Kalimantan Utara yang kemungkinan dimulai tahun depan,” terang Wesly Ding kepada RRI.

Dengan adanya petugas registrasi penduduk di setiap desa ini, sambung Wesly Ding, Disdukcapil Malinau akan menjalin kerjasama dengan mereka terkait dengan data kependudukan di desa yang ada di kabupaten Malinau. “ Petugasnya ini nantinya merupakan aparat desa setempat. Mereka ini nanti akan kita SK-kan sebagai petugas registrasi penduduk di desanya,” ujar mantan Camat Kayan Hilir ini .

Tugasnya, sebut Wesly Ding, selain mendata kelahiran, kematian dan penduduk yang pindah dan datang juga akan mendata serta melaporkan warga desanya yang belum memiliki KTP ke Disdukcapil. “Dia akan mengirimkan datanya ke kami (Disdukcapil), setelah kami terima laporannya, maka akan kami proses datanya,” imbuhnya.

Disinggung soal kepastian kapan program tersebut dilaksanakan, Wesly Ding menegaskan, progam itu akan mulai diterapkan dan dijalankan di tahun depan. “Mudah-mudahan di tahun 2022 itu sudah bisa berjalan. Karena saat ini regulasinya masih digodok ditingkat provinsi Kaltara yang anatinya akan diturunkan di tingkat kabupaten dan kota jika sudah rampung,” tukasnya.(***)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar