Bupati : KTT Siap Jadi Tuan Rumah Iraw Tidung Borneo 2022

KBRN, KTT : Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT), Ibrahim Ali menegaskan Bumi Upuntaka (julukan KTT) siap menjadi tuan rumah perhelatan Iraw Tidung Borneo Bersatu ke-3 di tahun 2022. 

Ia menjelaskan, perhelatan Iraw Tidung Borneo Bersatu memang perlu dilaksanakan secara bergantian. Pihaknya siap mengawali pembahasan untuk konsep perhelatan tahun depan. 

“Berbicara soal konsep acara yang besar seperti ini memang perlu bergantian. Tahun ini sudah di Nunukan. Insya Allah 2022 di KTT, dengan mengundang seluruh rumpun Tidung yang ada di Borneo ini,” kata Ibrahim. 

Dalam Iraw Tidung Borneo Bersatu tahun ini, Ibrahim didaulat membuka acara dengan memukul gong. Kemudian juga menyampaikan arahan kepada pemuda di wilayah perbatasan. Ibrahim berharap kegiatan seperti ini dapat mempererat silaturahmi Suku Tidung di Tanah Kalimantan. Sekaligus menjaga kelestarian budaya yang ada. 

“Saya, Insya Allah akan selalu menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan ini. Karena ini bisa mempererat silaturahmi warga rumpun Tidung,” jelasnya. 

Suku Tidung menjadi salah satu suku asli di Kaltara. Suku ini tersebar di hampir seluruh daerah di Kalimantan Utara, bahkan juga sampai ke negara lain seperti Brunei Darussalam dan Malaysia. 

“Mulai dari Malinau, KTT, Nunukan, Bulungan sampai Tarakan ada warga Tidung, bahkan tidak hanya di Indonesia saja. Banyaknya jumlah warga Tidung ini perlu terus dipersatukan dalam silaturahmi yang berkelanjutan,” paparnya. 

Sementara itu, ada tiga desa di Tana Tidung yang tampil dalam perhelatan kemarin. Yakni Desa Sepala Dalung, Desa Manjelutung dan Desa Sengkong. “Para tetua (tokoh adat) kami di KTT juga hadir dalam kegiatan ini. Kami datang bersama-sama untuk menjalin silaturahmi dan persaudaraan,” tuturnya. (kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar