Kendala Jaringan, Dukcapil akan Bekerjasama Dinkes dan Puskesmas

Plt Kepala Disdukcapil Malinau, Wesly Ding.jpg

KBRN – Malinau : Meski sudah memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk pengurusan administrasi kependudukan oleh masyarakat, terkecuali kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu indentitas anak (KIA), namun diakui Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Malinau, Wesly Ding, tidak semua wilayah dapat dilayani online. Sebab, kata Wesly Ding, dari 15 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Malinau ini, ternyata masih ada beberapa desa yang belum memiliki akses jaringan internet.

Disebutkan wesly Ding, kecamatan yang belum terkoneksi langsung dengan Disdukcapil yaitu kecamatan Mentarang Hulu, Malinau selatan, dan sejumlah kecamatan di wilayah Apau Kayan.

Untuk menyikapi permasalahan tersebut, Disdukcapil berencana membuat suatu terobosan baru yakni bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), rumah sakit dan seluruh Puskesmas di Kabupaten Malinau. “Kenapa kami lakukan kerjasama dengan Dinkes dan Puskesmas ini? Kami lihat, mereka ini memiliki jaringan khusus yaitu wifi. Kami mau memanfaatkan itu degan bekerjasama, kami siap aplikasi khusus melalui Whattshap,” terang mantan Camat Kayan Hilir ini.

Dengan adanya kerjasama antara Disdukcapil dengan Dinas Kesehatan hingga seluruh puskesmas yanga da di setiap kecamatan ini, Wesly Ding berharap masyarakat dapat terlayani dengan baik. Khususnya bidang pelayanan akte kematian, akte kelahiran maupun pembuatan kartu keluarga (KK).

Sedangkan Disdukcapil akan menyiapkan nomor khusus whattsap ini untuk menampung data yang dikirim dari setiap Puskesmas. “Kalau data filenya sudah masuk ke kami, kami proses dan kami akan kembali kirim ke mereka yang ada di puskesmas untuk di dicetak disana. Baik data baru lahir, akte kematian maupun KK,” jelasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar