Aplikasi Si Payung Emakku Dilounching

KBRN, Kaltara : Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Provinsi Kaltara lounching aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Pengaduan, Konsultasi dan Edukasi Perlindungan Perempuan dan Anak (Si Payung Emakku). 

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim aplikasi Si Payung Emakku saya launching dan resmi digunakan,” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Suriansyah, belum lama ini. 

Kepala DP3AP2KB Provinsi Kaltara, Wahyuni Nuzband mengatakan dengan dirilisnya aplikasi ini maka masyarakat dapat melakukan pelaporan tanpa harus datang ke UPTD PPA Kaltara. 

“Ketika masyarakat dapati suatu kejadian, bisa melaporkan ke aplikasi itu. Sangat mudah karena ada panduannya dan ini bisa didapatkan di aplikasi Play Store (berbasis android),” jelasnya. 

Sementara itu Suparman Rasyid selaku inovator aplikasi Si Payung Emakku menuturkan aplikasi tersebut dalam tahap verifikasi di Play Store dan tengah dipunggah di Google. Dimana besaran kapasitasnya sekitar 12 Megabyte (MB). 

“Kalau di Play Store nanti bukan Si Payung Emakku yang muncul tapi UPTD PPA Kaltara. Mudah-mudahan seminggu lagi sudah muncul di Play Store,” ucapnya.   

Fungsi aplikasinya, diantaranya dapat digunakan untuk melaporkan kejadian yang menimpa anak dan perempuan. Para penikmat gawai juga bisa mendapatkan informasi, edukasi dan call centre yang tersambung dengan Google Maps. 

“Jadi aplikasi ini komplit, ada penanganan dan pencegahan. Bisa juga konsultasi via WhatsApp dengan psikolog, hukum dan narkoba yang tersambung dengan BNN. Konsultasi rohani bisa tersambung ke Kanwil Kemenag Kaltara," bebernya. 

Suparman mengungkapkan, data penggunanya aman dan dirahasiakan tidak akan bocor ke hadapan publik. Aplikasi Si Payung Emakku sendiri terbuka 24 jam, namun pelayanan aduan dan konsultasi disesuaikan dengan jam kantor.(dkisp/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar