Pengurus KK, Akte Lahir dan Kematian Bisa Dilakukan Secara Online

PLt Kepala Disdukcapil Malinau, Wesly Ding.jpg

KBRN – Malinau : Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malinau, Wesly Ding mengungkapkan, saat ini Disdukcapil sudah memiliki system yang dinilai sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Yakni dengan membuka pelayanan system online dalam pembuatan kartu keluarga (KK) akte kelahiran, akte kematian dan lainnya.

Kecuali untuk kepengurusan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Indentitas Anak (KIA), diwajibkan untuk datang ke kantor disdukcapil.

“Kalau yang lainnya, bisa diurus secara online. Tapi kelihatannya masyarakat masih belum berminat atau belum tahu tentang system online ini. Mungkin karena jaringan yang kurang baik atau apa, sehingga mereka lebih cenderung datang mengurus ke kantor,” tegas Wesly Ding kepada RRI pada Jumat (26/11/2021).

Dikatakan Wesly Ding, Aplikasi administrasi kependudukan tersebut sebenarnya bisa didownload dan masyarakat bisa langsung mengurus administrasi kartu lahir, akte kematian atau KK melalui aplikasi tersebut. “Setelah selesai dan memenuhi persyaratan, akan diproses dan akan dikirim kembali ke email pemohon dan bisa dicetak dimanapun,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar