Fire Brigade Pertamina Bersama PMK Tarakan Kokohkan Kerjasama Penangan Kebakaran dan Tumpahan Minyak

KBRN, Tarakan : Sebagai bentuk antisipasi terjadinya musibah kebakaran baik itu di pemukiman masyarakat maupun di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP), PT Pertamina EP Tarakan Field dan PMK Tarakan melakukan penandatangan kesepakatan kerjasama penanganan kebakaran dan tumpahan minyak. 

Dalam penandatangan kesepakatan kerjasama penanganan kebakaran dan tumpahan minyak, Sabtu (23/10/2021) di area parkir Pertamina EP, hadir langsung Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M. Kes. Dalam sambutannya Khairul mengatakan, sebagai wali kota dirinya mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pertamina utamanya dalam hal kesepakatan bersama penanganan kebakaran dan tumpahan minyak. 

"Saya mengapresiasi kepada FM PT Pertamina Tarakan Field, dimana perjanjian ini sudah lama ada dan terakhir tahun 2009, dan sudah lama tidak di perbaharui. Walaupun perjanjian belum di perbaharui kerjasama terus berlanjut," kata Khairul. 

Khairul mengungkapkan, upaya pencegahan terhadap terjadinya kebakaran perlu dilakukan, baik itu kebakaran yang terjadi di pemukim penduduk maupun di areal WKP. 

"Upaya melakukan pencegahan perlu dilakukan karena lahan WKP Pertamina sarat dengan marabahaya, karena ngurusin minyak gampang terbakar. Jika terjadi kebakaran di areal WKP tentunya BPBD dan PMK turut membantu, begitu juga sebaliknya jika terjadi kebakaran di pemukim penduduk," ucapnya. 

FM PT. Pertamina EP Tarakan Field, Isrianto Kurniawan menambahkan, dalam hal penanggulangan keadaan darurat di daerah Tarakan Field, Pertamina berkomitmen untuk selalu mensupport Pemerintah Kota beserta masyarakat. 

"Maka pada saat kondisi darurat ada kebakaran, fire brigade kita selalu siap membatu PMK dan tentunya sinergi seperti ini harus kita kokohkan," tegasnya. 

Isrianto mengungkap, selama tahun 2021 tercatat 15 kali fire brigade PT Pertamina EP Tarakan  membantu PMK Tarakan dalam hal menangani musibah kebakaran. Bahkan selain itu, Pertamina juga mengembangkan program masyarakat tangguh terhadap bencana. 

"Program pengembangan masyarakat yang tangguh terhadap bencana kami jalankan di beberapa kelurahan. Bahkan sudah Memorandum of Understanding (MoU) di Kelurahan kelurahan ketika terjadi kebakaran fire brigade PT pertamina siap membantu selama tidak ada kendala operasional di lapangan," katanya. 

Sebelum penandatangan kesepakatan kerjasama penanganan kebakaran dan tumpahan minyak, antara PT Pertamina Tarakan Field dan PMK Tarakan dilakukan, terlebih dahulu di gelar simulasi penanganan kebakaran yang dilakukan oleh personil fire brigade PT. Pertamina  EP Tarakan Field bersama PMK Tarakan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00