Festival Sungai Kayan akan Kembali Digelar Akhir November

KBRN, Tanjung Selor : Sempat tertunda, final perlombaan balap ketinting dan perahu dayung kembali dilaksanakan pada Kamis (21/10/2021) pagi pukul 10.00 WITA.

Diketahui jumlah peserta yang mengikuti lomba hari ini terdiri dari enam grup perahu dayung dan enam peserta balap ketinting.

Perlombaan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Sungai Kayan ini dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kabupaten Bulungan dan Kota Tanjung Selor ke-231, disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP.

“Adalah kebahagian bagi kami sebagai masyarakat Kabupaten Bulungan karena hari ini Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur berkenan hadir langsung dalam rangkaian acara Festival Sungai Kayan untuk menyaksikan final perlombaan balap ketinting dan perahu dayung yang mulanya kita jadwalkan berlangsung selama dua hari, namun karena cuaca kemarin (hujan,red) kita putuskan untuk menundanya dan dilanjutkan hari ini,” katanya.

Sorakan masyarakat mewarnai perlombaan yang sedang berlangsung. Tak kalah antusiasnya dengan masyarakat, Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP turut berdiri di pinggir jembatan bergabung bersama masyarakat menyaksikan peserta yang akan mencapai garis finish.

Usai melaksanakan balapan, kegiatan perlombaan balap ketinting dan perahu dayung ditutup secara resmi oleh Gubernur Zainal. Pada cara penutupan tersebut juga dilangsungkan pengumuman pemenang lomba sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Pada sambutannya, Gubernur Zainal menyampaikan rasa syukurkarena dapat bergabung bersama masyarakat menyaksikan olah raga tradisional yang dirindukan masyarakat Kabupaten Bulungan ini. Karena sesuai yang dikatakan Bupati Syarwani, bahwa kemarin (20/10/2021) hujan deras mengguyur Ibu Kota Kaltara.

“Insyaallah, bulan November nanti kita akan laksanakan lagi Festival Sungai Kayan, tetapi tidak hanya menampilkan perlombaan tradisional, kita juga akan menampilkan budaya Kaltara khususnya Bulungan,” ucap Gubernur Zainal saat memberikan sambutannya.

Dikatakan kegiatan serupa akan dilakasanakan pada 29 November hingga 03 Desember 2021. Gubernur berpesan kepada peserta yang belum berhasil pada perlombaan hari ini agar bisa mengikuti pelombaan di akhir bulan November tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya dan kepada yang juara saya ucapkan selamat, tetap mempertahankan juaranya. Untuk yang belum sempat mendapat juara jangan kecewa karena di akhir November nanti kita akan buka lagi Festival Sungai Kayan ini. Latihan yang baik, olah gerak ketintingnya harus bener, mesinnya di tingkatkan sehingga yang awalnya 15 PK (Paar den Kracht, red) bisa menjadi 25 PK,” pesannya.

Tidak lupa, Gubernur Zainal juga mengapresiasi kerja keras panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga tidak ada cidera pada peserta serta mengingatkan keselamatan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. 

Diinformasikan pemenang untuk balapan dayung kali ini diraih Anek Benua asal Kelurahan Tanjung Palas Hulu, disusul juara kedua Klawor dari Kelurahan Tanjung Palas Tengah, juara ketiga Naga Skui berasal dari Desa Salim Batu, dan juara harapan satu Perdana asal Buluh Perindu. Sementara untuk lomba ketinting juara pertama mesin 5-6,5 PK atas nama Danu dan mesin 13-17 PK diraih oleh ketinting Merpati. (ahy/dkispkaltara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00