Peringati HSN, DPRD Minta Santri Terus Berkontribusi Memajukan Daerah

KBRN, Bulungan : Santri di Kaltara diminta terus berperan dalam kemajuan negeri khususnya pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulungan H. Hamka dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Meskipun berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19, kondisi wabah ini tetap tidak akan mengurangi subtansi momentum mengingat perjuangan para santri terdahulu. “Kaum santri harus tetap semangat mengabdi dan berjuang untuk kemajuan negeri ini,” ucapnya, Kamis (21/10).

Ia juga meminta pondok pesantren agar tetap istiqamah mencerdaskan anak bangsa. Hamka yakin pesantren akan terus semangat menjalankan misinya tersebut. “Peringatan Hari Santri ini adalah momentun bagi pesantren untuk tetap eksis dalam mencerdaskan bangsa ini dalam hal apapun,” jelasnya.

Menurut politisi PDIP tersebut, perjuangan santri senyawa dengan nilai Pancasila dan UU 1945. Bagi santri, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati yang harus dipertahankan dan diperjuangkan. “Santri itu cinta Indonesia dan istilah santri hanya satu-satunya ada di Dunia,” tegas Hamka.

Berkat kecintaan kaum santri pada tanah air sangat luar biasa, kemerdekaan bangsa ini pun tidak bisa dilepaskan dari perjuangan santri. Karena itu, perjuangan santri dalam sejarah bangsa ini yang telah diapresiasi dengan ditetapkannya Hari Santri Nasional (HSN) harus terus diingat dan dicontoh oleh generasi berikutnya.

Tak hanya itu Hamka juga mengungkapkan, proses pendidikan di pesantren berbeda dengan pendidikan yang ada di luar pesantren. Nilai-nilai yang menjadi titik tekan di pesantren adalah keikhlasan, rendah hati atau tawadu, kesabaran dan kebersamaan. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00