Ada 6 Kelompok Sasaran Retribusi Sampah

Tumpukan sampah yang ada di TPA sempayang yang bersumber dari sampah rumah tangga dan lainnya.jpg

KBRN – Malinau : Sedikitnya, ada enam (6) kelompok sasaran yang wajib bayar retribusi sampah yang mdimulai dari kelompok rumah hingga kelompok usaha dan industri.

Yakni, sebut Kepala Bidang persampahan dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malinau, Wahap Ardani,  kelompok sosial kecil atau komersial sebesar Rp1.000 hingga Rp10 ribu per bulan.

Kemudian, kelompok rumah tangga Rp1.000 sampai Rp10 ribu. Sedangkan kelompok usaha seperti penjual eceran Rp5 ribu hingga Rp100 ribu. Kemudian untuk rumah makan dan restoran Rp15 ribu dan Rp100 ribu. Lalu, perhotelan bintang dua sampai melati sebesar Rp100 ribu hingga Rp250 ribu. “Untuk industri rumah tangga Rp7 ribu sampai Rp150 ribu,” terangnya.

Terkait dengan pembayarannya, sambung dia, DLH menerapkan sistem atau pola “jemput bola” untuk memungut retribusi sampah yang dikhususkan bagi para pelaku usaha. Sementara retribusi untuk rumah tangga melalui jalur PDAM.

“Cuma untuk PDAM terkendala dari PDAM yang membayar ke kantor hanya 30 persen. Sehingga untuk penarikan  retribusi sampah juga terkendala,” terang Kepala DLH Malinau Melalui Kabid persampahan dan Limba B3, Wahap Ardani.

Pihaknya menilai, jangkauan retribusi sampah dimungkinkan akan memungut di empat wilayah kecamatan melalui tingkat RT. “Jadi potensinya hanya di empat kecamatan dulu, yaitu di Kecamatan Malinau Barat, Malinau utara, Malinau Kota dan Mentarang,” sebutnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00