Punya Tupoksi, OPD Dituntut Selesaikan Persoalan Secara Profesional

Bupati Malinau, Wempi W. Mawa SE.jpg

KBRN – Malinau : Bupati Malinau Wempi W. Mawa SE mengungkapkan, setiap pegawai di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) atau dinas harus bekerja secara profesional. Karena sudah memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta tanggungjawab yang harus dikerjakan. Termasuk juga melakukan penyelesaian permasalahan jika terjadi yang terkait dengan Tupoksi dan tanggung jawabnya.

Yaitu bagaimana cara  dan strategi  OPD itu melakukan inovasi  edukasi dalam penanganan masalah yang menjadi tanggung jawabnya. “Saya mendorong mereka untuk berkrativitas. Mereka tau persoalan mereka tau apa yang mereka kerajakan,” tegas Wempi W. Mawa.

Dikatakan Wempi W. Mawa,  dalam setiap OPD punya semua komponen tenaga ahli dan terampil sesuai bidang Tupoksi dan tanggung jawab sesuai OPD-nya masing-masing. Sehingga, mereka dinilai cukup mampu dalam mengatasi semua persoalan melalui solusi pemecahan masalah itu.

“Saya yakin mereka punya akses informasi yang begitu akurat. Jadi kalau misalnya memang perlu penanganan prioritas, apa kendalanya apa masalahnya dan apa solusinya,” terang  mantan Ketua DPRD Malinau ini.

Wempi mencontohkan, misalnya terkait dengan kondisi jalan, apa masalahnya, jadi kebutuhan atau tidak, dan bagaimana cara mengatasinya. “Jika itu bisa diselesaikan segera, ya jangan tunggu berlama-lama. Kan semua punya kewenangan. Semua punya tupoksi. Kecuali itu memang tidak bisa dilayani karena tidak diberikan kewenangan,” ungkap mantan anggota KPU Kabupaten Malinau ini.

Namun demikian, sambung Wempi, selagi masih ada kewenangan maka wajib dikerjakan serta memberikan progresnya dari penanganan persoalan itu kepada pimpinan. Jadi, jangan semua harus menunggu diperintah. “Itu yang saya maksudkan berkerja dengan profesional. Tau topoksinya, oh saya tau jalan disana rusak. Hal-hal begitu tidak harus pak bupati ‘kan.  Intinya jalan itu rusak kalau rusak ya diatasi kan artinya ada solusi,” tutrnya.

Bupati Malinau juga yakin, jika semua sudah melaksanakan tupoksi dengan baik maka tidak ada persoalan yang terlalu sulit untuk diatasi. Semua orang-orang yang ada di masing-masing OPD ini sudah sangat memahami topoksinya. “Saya yakin berkerja dengan orang-orang yang yakin, ya tinggal menggerjakan saja,” imbuhnya. (***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00