Hanguskan 5 Rumah dan 1 Sarang Walet, Petugas Sesalkan Minimnya Informasi Warga

Kepala Satpol PP dan Damkar Malinau saat berada di lokasi kebakaran.jpg
Memastikan kondisi api kebakaran sudah benar-benar mati atau belum.jpg
Peroses pemadan kebakaran di Desa Mlainau Hilir.jpg

MALINAU - Sebanyak 5 rumah dan 1 unit sarang burung walet milik warga di RT 5, Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota, ludes diamok si jago merah pada Senin (27/9), sekitar pukul 13.00 wita. Api dengan cepat merambat dan membakar rumah-rumah yang jaraknya cukup berdekatan tersebut.

Dari pantauan di lapangan,  masyarakat terus bergotong royong berusaha memadamkan kobaran api tersebut. Berselang tak lama kemudian, petugas tim pemadam kebakaran dibantu dengan warga terus melakukan penyemprotan pada titik lokasi kebakaran. 

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja PP dan Damkar, H. Kamran Daik saat dilokasi kejadian menyampaikan, informasi yang diperoleh dari musibah kebakaran ini dari kordinator peadam kekabaran lapangan yang kebetulan sedang istirahat siang dikediamannya. "Jadi saya dapat informasi dari korlap yang kebetulan dekat dilokasi melihat ada api. Lalu menelpon pos induk," ungkap Kamran. 

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Malinau ini turut menyesalkan, dimana kejadian kebakaran sangat minim informasi dari masyarakat. Alhasil, sebelum petugas pemadam yang mendatangi lokasi kejadian tersebut, sudah 4 unit rumah yang terbakar. "Saat petugas  sampai lapangan, sudah 4 unit rumah yang ludes," jelasnya. 

Padahal selama ini, sambung Kamran, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan telah memberikan nomor telpon HP, apabila ada kecurigaan dapat segera langsung menelpon. Sehingga penanganan bisa teratasi. "Jadi kami berharap musibah kebakaran ini jangan dianggap remeh nomor-nomor telpon damkar yang sudah disosialisasikan. Walaupun musibah paling tidak bisa diminimalisir kejadiannya," Jelasnya. 

Untungnya, kata Kamran, korlap yang berdekatan dari lokasi langsung sigap sehingga menurunkan dua tim unit dari sektor barat dan sektor utara untuk membantu padamkan api. "Alhamdulillah untuk msubah ini belum ada korban jiwa," Jelasnya. 

Oleh karena itu, Kamran pun kembali mengimbau kepada masyarakat sebelum kejadian besar agar dapat menghubungi unit-unit yang ada. "Seperti unit di utara, posko utama dan sektor barat. Dan informasinya juga warga menyampaikan untuk di Malinau Hilir jaringannya kurang bagus," tukasnya.(***) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00