Sekda : Kinerja OPD Harus Maksimal

KBRN, Kaltara : Kinerja birokrasi di lingkungan Pemprov Kaltara terus digejot. Terlebih lagi bagi Provinsi Kaltara yang merupakan daerah baru atau paling bungsu di Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Suriansyah mengemukakan, birokrasi di lingkungan Pemprov Kaltara, terus dilakukan pembinaan. Adapun soal kinerja, terus dilakukan evaluasi baik oleh masing-masing kepala OPD (organisasi perangkat daerah) maupun oleh kepala daerah langsung.

"Tentu untuk kinerja terus digenjot. Karena birokrasi pemerintahan merupakan mesin kerja di sebuah pemerintahan tersebut. Jadi, kinerja birokrasi yang baik, harus menjadi atensi. Agar setiap rencana kerja dan program bisa berjalan dengan maksimal,” ujarnya.

Kinerja birokrasi harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Kemudian, setiap program kerja yang dijalankan, orientasinya pada kepentingan masyarakat. "Sesuai dengan arahan gubernur, bahwa program itu prorakyat. Jadi, seluruh elemen birokrasi di pemerintah daerah juga bekerja untuk kepentingan masyarakat. Itu terus kita ingatkan kepada jajaran pegawai kita di pemprov,” tegasnya.

Saat ini, Kaltara tengah melaksanakan seleksi kompetensi dasar (SKD) pada penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. Sekda juga memastikan bahwa proses rekrutmen berjalan sesuai aturan dan transparan.

"Seperti penerimaan CPNS ini, awal dari kita membentuk sistem birokrasi yang baik. Jadi, saat nanti mereka tergabung dalam struktur ASN di Kaltara, bisa menjadi bagian dari sistem birokrasi yang memberikan pelayanan maksimal,” tuturnya.

Ditanya soal evaluasi bagi kinerja yang tidak sesuai harapan, menurutnya memiliki mekanisme tersendiri. Proses pembinaan, hingga sanksi diberlakukan pada pegawai yang memang tidak disiplin. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00