Donor Darah Peringati HUT Kaltara

KBRN, Kaltara : Dalam peringatan HUT Kaltara ke-9, Bappeda-Litbang, Dinas PUPR, DWP, TP-PKK serta PMI Kaltara melakukan kegiatan donor darah.

Kepala Unit Donor Darah PMI Bulungan, Burhanuddin mengatakan kurang lebih 61 orang mengikuti kegiatan donor darah, Jumat (24/9).

Ia menjelaskan di Kaltara sendiri khususnya Kabupaten Bulungan, mulai terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. "Kita inginkan ke depannya ada istilahnya kekuatan keluarga, jadi kebutuhan darah bersumber dari keluarga yang kita sebut keluarga siaga,” ungkap yang berprofesi sebagai dokter ini, Sabtu (25/9).

Hal ini menurutnya perlu dilakukan agar pemenuhan stok darah di daerah agar selalu dalam keadaan aman, serta selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai kebutuhan darah pada sektor kesehatan. “Jangan menunggu sakit atau musibah baru mencari darah,” ungkapnya.

Burhan mengungkapkan, stok darah di Kabupaten Bulungan masih belum mencukupi kebutuhan, karena di sisi lain status Tanjung Selor sebagai ibu kota provinsi mengakibatkan banyak daerah lain yang mengandalkan fasilitas kesehatan di Bulungan termasuk kebutuhan darah.

"Di sini ada dua klinik dan satu rumah sakit semuanya membutuhkan stok darah juga dan pasien dari kabupaten lain juga kesini. Sudah kami bicarakan pada pak bupati bahkan pak gubernur, agar kita jemput bola seperti ini kita diundang dan alhamdulillah respon dari pegawai Bappeda dan Dinas PU Provinsi mau donor darah walaupun sebagian juga ada yang masih cemas,” tuturnya. (Sti/DKISP)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00