Kaltara Urutan 24 Nasional Ketahanan Diri terhadap Narkoba

KBRN, Tanjung Selor: Tingkat kesadaran masyarakat Kaltara terhadap bahaya narkoba dinilai masih sangat rendah. Melihat data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Provinsi Kaltara berada di posisi ke-24 secara nasional untuk Indeks Ketahanan Diri terhadap narkoba.

“Artinya, ketahanan diri masyarakat terhadap narkoba masih tergolong rendah. Masyarakat masih memiliki kerentanan yang cukup tinggi terpapar narkoba,” ujar Kepala BNNP Kaltara, melalui Penyuluh Narkoba Ahli Pertama, Rizki Adi Priatama, Jumat (30/7/2021).

Ia menilai, masyarakat Kaltara masih berpotensi terjerumus dari barang haram tersebut. Baik itu sebagai pengguna atau pecandu, bahkan hingga menjadi bandar peredaran gelap narkoba.

Jumlah pengguna narkoba di Kaltara yang mencapai 450 dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, kemungkinan menjadi salah satu penyebab. Masih rendahnya kesadaran masyarakat agar tak terlibat, menyebabkan Kaltara menjadi salah satu perhatian dari pemerintah pusat.

“Potensi menjadi korban atau pecandu, masih sangat memungkinan untuk masyarakat kita di sini. Bahkan menjadi kurir atau bandar sekaligus juga, masih kemungkinan ada. Karena itu tadi, permintaannya juga masih tinggi,” jelasnya.

Selain masih tingginya pengguna, keadaan geografis Kaltara juga menjadi alasan. Banyaknya jalur-jalur yang bisa dilalui untuk melakukan penyelundupan, menjadi salah satu catatan Indek Ketahanan Diri masih rendah. Terutama melalui jalur laut, yang dianggap jalur Kaltara menjadi salah satu jalur Sutera atau jalur seksi di seluruh Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00