2,5 Persen Masyarakat Kaltara Terpapar Covid -19

KBRN, Tanjung Selor: Kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengalami lonjakan. Di lima kabupaten dan kota, tercatat total setiap harinya bertambah ratusan orang yang terkonfirmasi positif Virus Corona. Bahkan, sejak kasus pertama kali muncul di Kaltara pada 27 Maret 2020, sampai 26 Juli 2021 tercatat akumulasi positif Covid-19 sebanyak 18.824 kasus.

Dibandingkan dengan data jumlah penduduk di provinsi termuda di Indonesia ini, yakni sebanyak 742.245 jiwa (sensus tahun 2020). Artinya, belasan ribu kasus Covid-19 di Kaltara, sama dengan 2,5 persen penduduknya telah terpapar Corona. Bahkan, masih berpotensi naik jika penularan virus tersebut belum bisa dihentikan.

Pemerintah terus berupaya melalui sejumlah kebijakannya. Terbaru adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4. Dikonfirmasi soal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara, Suriansyah menegaskan supaya kabupaten dan kota segera menyesuaikan kebijakan penanganan pandemi.  “Menyesuaikan dari instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) tersebut,” katanya, saat ditemui di Kantor DPRD Kaltara, Selasa (27/7/2021).

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang telah menerbitkan instruksi gubernur yang menindaklanjuti Instruksi Mendagri. Masing-masing daerah, yakni Bulungan, Nunukan dan Tarakan menyesuaikan kebijakan PPKM Level. Sementara bagi Malinau dan Tana Tidung menyesuaikan kebijakan PPKM Level 3.

“Daerah masing-masing juga akan mengatur kebijakan PPKM itu. Sesuai instruksi Mendagri yang juga diteruskan dengan adanya instruksi Pak Gubernur,” ujarnya.

Selanjutnya, kebijakan pemerintah itu diharapkan bisa ditanggapi secara baik dan bijaksana. Masyarakat diminta tetap disiplin dalam menjaga kesehatan, melalui protokol yang telah ditetapkan.

“Tidak henti-hentinya kita ingatkan, yang paling penting adalah menjaga protokol kesehatan. Karena semua orang bisa saja tertular, apalagi sejauh ini kasus terus bertambah,” ungkapnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00