Aparatur Desa Harus Punya Mindset “Pentingnya Manajemen Data”

Acara Pengukuhan Desa Cantik Malinau Kota Kabupaten Malinau.jpg

KBRN, Malinau: Seiring dengan pengukuhan desa Malinau Kota sebagai desa cinta statistik (desa cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (21/06/21), aparatur desa diharapkan memiliki kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan data supaya perencanaan pembangunan lebih tepat sasaran. Untuk itu, dalam program pembinaan desa cinta statistik, yang ingin dibangun adalah mindset akan pentingnya data.

Sehingga aparatur desa dapat mengelola data yang dikumpulkan menjadi suatu bank data, yang kedepan diharapkan kesinambungannya terjaga, dan ketika terjadi pergantian pengurus desa atau kepala desa, diharapkan tidak mempengaruhi struktur data yang ada.

“Kan sering kejadian, begitu ganti pengurus, begitu ganti pejabat, data desa itu kan nggak ada, hilang gitu, akhirnya ketika ditanya kebingungan, nah… yang kita mau, paling tidak nanti data di desa itu siapapun penggantinya atau pelaksananya dia tetap memiliki series datanya, sehingga perkembangan pelaksanaan pembangunan di desa itu bisa terlihat terus, itulah harapan yang mau kita kembangkan nanti khusus di Malinau” Jelas Kepala BPS Malinau, Suprianto, S.Tp yang dikonfirmasi RRI pada Rabu (23/06/21).

Secara umum di Kaltara, desa sasaran pembinaan diharapkan paling tidak setelah pembinaan dapat menerbitkan buku, atau monografi desa sebagai bentuk kesadaran terhadap pentingnya data.

“Nah… sebetulnya kalau bicara buku ini kan output ikutan mbak, dari sebuah kesadaran akan pentingnya data kan, bisa saja nanti bukan sekedar monografi yang mereka buat sejalan dengan pemahaman mereka terhadap data itu, tapi bisa saja nanti mungkin mereka membuat terkait dengan statistik kesejahteraan masyarakat desa Malinau Kota, mungkin bisa seperti itu kan, nah ini yang kita sebetulnya mau kembangkan adalah tingkat kesadarannya” Pungkasnya.

Ia menambahkan, kesadaran dalam manajemen data merupakan output besar yang ingin diraih dengan program pembinaan desa cinta statistik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00