Burung Enggang Jadi Motif Batik Rakorwil Apeksi di Tarakan

KBRN, Tarakan : Batik motif burung enggang menjadi baju batik yang di kenakan 9 wali kota se-Kalimantan pada Rapat Koordinasi Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakorwil Apeksi) V regional Kalimantan di Tarakan, 24 Juni hingga 25 Juni 2021.

Sony Lolong, salah seorang pengerajjn batik Tarakan yang di percaya mendesain dan membuat batik motif burung enggang mengatakan, dipilihnya burung enggang sebagai motif batik pada Apeksi dikarenakan burung enggang merupakan burung khas pulau Kalimantan. 

"Alhamdulillah pada Rakorwil Apeksi regional Kalimantan, saya mendapat orderan batik untuk kepala daerah beserta istri, dan desain dan motif burung enggang karena ini Apeksi regional Kalimantan jadi lebih tepat memilih burung enggang menjadi motif batik," kata Sony, Rabu (24/6/2021). 

Warna batik yang di dominasi warna kuning, seperti yang di jelaskan Sonny, merupakan warna khas suku Tidung, jadi burung enggangnya menggambarkan Kalimantan. 

"Burung enggang identik dengan Borneo atau Kalimantan dan Kuning indentik dengan suku Tidung yang ada di Tarakan," jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00