Sekolah Bakal Terapkan Sistem Raport Berbasis Elektronik

KBRN, Malinau : Raport berbasis elektronik (E-Raport) bakal mulai diterapkan sejumlah sekolah SMP sederajat di Kabupaten Malinau pada tahun ajaran baru 2020-2021 mendatang, salah satunya SMPN 1 Malinau Utara Rohadi. E-Raport mencatat semua tentang capaian kompetensi siswa, dari kehadiran, nilai mata pelajaran, sikap, prestasi, hingga catatan wali kelas.

E-Raport pun terhubung langsung dengan data pokok pendidikan (DAPODIK), sehingga dapat digunakan sebagai sarana informasi siswa yang terintegrasi secara nasional.

“Ini kan akhir tahun ajaran, masih menggunakan aplikasi raport biasa, sebagai persiapan… tahap awal ini kami mengadakan pelatihan pada guru-guru, wali kelas, dan operator DAPODIK, kalau nanti semuanya sudah bisa, sudah siap, maka langsung kami terapkan pada tahun ajaran baru nanti” Ujar Rohadi selaku  Kepala SMPN 1 Malinau Utara yang dikonfirmasi RRI pada Senin (14/06/21) siang.

Lebih jauh pihaknya mengatakan, E-Raport juga memungkinkan Orang tua murid memantau dan mengetahui nilai akademik siswa selama masa pembelajaran.

Ia menambahkan, hasil belajar-mengajar yang tersaji di E-Raport dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dengan melibatkan seluruh aspek. Hasil ulangan harian, semester, dan ujian siswa pun dapat diakses setiap wali murid melalui teknologi E-Raport tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00