148 Calhaj Tarakan Tunggu Kabar Ke Tanah Suci

Sebanyak 148 orang calon jemaah haji Tarakan menunggu kepastian pemberangkatan di tahun 2021ini. Vaksinasi yang diharapkan mampu menangkal Covid-19, diharapkan mampu menjadi solusi kebijakan pemberangkatan haji. Apalagi mengingat usia calon jemaah haji rata-rata telah di atas 50 tahun.

Namun, hingga saat ini belum ada surat edaran secara resmi dari Kementerian Agama terkait kepastian pemberangkatan haji 2021.

“Calon jemaah haji 2020 yang gagal berangkat akan diupayakan bisa berangkat tahun ini karena segalanya telah siap. Paspor sudah jadi, lainnya juga sudah. Jadi tinggal berangkat saja,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan, Shaberah, Kamis (21/1/2021).

 “Mudah-mudahan dengan syarat vaksin, Pemerintah Arab Saudi mengizinkan jemaah haji kita melaksanakan ibadah. Harapan kita, 2021 ini sudah melaksanakan perjalanan ibadah haji. Tarakan jumlahnya 148 orang,” ucapnya.

Saat mengenai syarat mendapatkan vaksin tidak boleh berusia 59 tahun, Shaberah mengatakan, pemerintah akan mencarikan solusi. Karena, jika hanya orang yang berusia di bawah 59 tahun yang bisa divaksin, maka banyak calon jemaah haji yang tertunda niat-nya. Rata-rata yang mendaftar haji usianya di atas 59 tahun.

Sementara itu, proses manasik haji juga telah dilakukan, bahkan pada Februari mendatang juga telah dijadwalkan. Selama pandemi Covid-19, pelaksanaan manasik dilakukan secara virtual, sehingga bisa diikuti oleh calon jemaah haji dari luar Tarakan(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00